Tak Berkategori

Banyak Pembangunan Belum Menyentuh Masyarakat

apahabar.com, BANJARMASIN – Usulan pembangunan gencar disuarakan masyarakat Banjarmasin. Namun sayang banyak pembangunan yang dirasa belum…

Featured-Image
Wakil rakyat saat mengikuti Musrenbang di kelurahan. Foto-apahabar.com/Tania Anggrainy

bakabar.com, BANJARMASIN - Usulan pembangunan gencar disuarakan masyarakat Banjarmasin. Namun sayang banyak pembangunan yang dirasa belum menyentuh warga kota ini.

Kenyataan itu diakui 2 anggota DPRD Banjarmasin dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F-PKS), Awan Subarkah dan Aliansyah. Hal itu tergambar ketika wakil rakyat ini menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kelurahan.

Dikemukakan Awan Subarkah, masyarakat banyak mengeluhkan sejumlah pembangunan mulai dari infrastruktur, kesehatan, hingga pendidikan.

Di Kelurahan Banua Anyar, sebut Awan, masyarakat sekitar mengeluhkan akses jalan menuju SMP 14 yang sempit. Hal ini berdampak kemacetan arus lalu lintas. Ia meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin harus memperhatikan masalah ini.

"Usulan warga dari kelurahan nanti akan disampaikan ke kecamatan. Di sana dipilah yang lebih urgent. Maka dari itu usulan skala prioritas itu perlu dimaksimalkan," ujar Awan.

Baca Juga:Antisipasi Pemilu, Polda Kalsel Perkuat Peran Reserse

Kalau penyerapan anggaran pusat dan daerah itu maksimal, ujarnya, pembangunan skala prioritas dapat segera dilakukan.

"Kalau anggarannya ada, mau bangun apa saja bisa, yang pasti masyarakat harus merasakan realisasinya," sebut Awan.

Aliansyah mengatakan hal serupa, usulan masyarakat dalam permasalahan pembangunan mulai jalanan hingga drainase seakan tidak akan putus. Seperti ketika ia mengikuti Musrenbang di Kelurahan Tanjung Pagar. Warga mengeluh saluran drainase yang ada banyak tertutup bangunan. Akibatnya drainase sulit dibersihkan.

Aliansyah berjanji pihaknya tidak akan tinggal diam melihat kondisi tersebut. Persoalan ini dan apa saja kendala warga dilapangan akan segera ditindaklanjutinya ke dinas terkait.

Selain drainase, pihaknya mendapat keluhan terkait Puskesmas di Kelurahan Tanjung Pagar. Bangunan itu dinilai sudah tidak layak lagi. Bahkan area parkiran sempit. Akibatnya banyak masyarakat yang memarkir kendaraannya di bahu jalan.

"Rencananya di wilayah itu akan ada disediakan lahan untuk pembangunan puskesmas baru yang lebih representatif. Pastinya pelayanannya pun akan semakin maksimal," tutupnya.

Baca Juga:Kelurahan di Banjarmasin Terima Kuncuran Dana Rp300 Juta

Reporter: Tania Anggrainy
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner