Nasional

PKK Bitung Ajak Warga Belanja Tanpa Kantong Plastik

apahabar.com, MANADO – Demi mengurangi jumlah sampah plastik yang berakibat buruk pada lingkungan, Ketua TP PKK…

Featured-Image

bakabar.com, MANADO - Demi mengurangi jumlah sampah plastik yang berakibat buruk pada lingkungan, Ketua TP PKK Kota Bitung Sulawesi Utara, Khouni Lomban Rawung serukan untuk tidak memakai kantong plastik ketika berbelanja.

“Bawa tempat dari rumah, sehingga sampah plastik bisa berkurang di Bitung,” kata Khouni Lomban Rawung saat mengunjungi pasar Tradisional Winenet, Kecamatan Aertembaga Bitung, Kamis (6/12).

Baca Juga :Edy Rahmayadi: Tolong Jangan Dibully-bully Lagi Saya…

ketika berkunjung ke pasar tersebut, Khouni terlihat menggunakan tas belanja yang dapat digunakan kembali, tanpa menggunakan tas plastik yang disediakan penjual.

Sembari berbelanja, pihaknya juga mensosialisasikan gerakan Pemerintah Kota Bitung “Diet Kantong Plastik serta Bitung Go Green, Less Plastic City” yang bertujuan mengurangi tumpukan sampah plastik yang menjadi salah satu permasalahan di dunia.

“Plastik memang musuh lingkungan yang belum banyak diketahui orang. Kalaupun tahu, kebanyakan memilih untuk tidak peduli atau pura-pura tidak tahu. Di balik kemudahannya, plastik menyimpan bahaya yang menyeramkan. Bahan-bahannya kebanyakan mengandung racun yang tak hanya merusak tanah, tapi juga organ tubuh manusia,” jelasnya.

Dia mengatakan ketika dibuang, plastik butuh ratusan tahun agar bisa diurai. Selama itu plastik akan mencemari tanah.

“Dengan membawa tas belanja sendiri selain dapat mengurangi penumpukan sampah plastik.”

Khouni yang juga sebagai Bunda Bitung terlihat aktif menyuarakan hal yang sama kepada penjual lain tentang pentingnya diet kantong plastik serta berpesan untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan tempat mereka berjualan.

Baca Juga :Gempa 3,1 SR Kembali Guncang Mamasa

Sumber: Antara
Editor: Muhammad Bulkini



Komentar
Banner
Banner