Nasional

Pemerintah Pastikan Bangun Rumah Korban Tsunami

apahabar.com, LAMPUNG SELATAN – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan pemerintah akan…

Featured-Image
Pasca tsunami di Kabupaten Lampung Selatan. Foto – AntaraNews

bakabar.com, LAMPUNG SELATAN – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan pemerintah akan membangun rumah buat para korban tsunami Selat Sunda. Khususnya yang ada di Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung.

“Sedang saya pikirkan, membangunkan rumah mereka, pasti kita bantu, pasti akan dibangun oleh pemerintah,” kata Menteri Basuki, saat mengunjungi korban tsunami, di Lampung Selatan, Selasa (25/12).

Baca Juga:Jenazah Putri Kedua Aa Jimmy Akhirnya Ditemukan

Basuki mengatakan yang menjadi pemikiran pemerintah sekarang adalah lokasi pembangunannya. Mengingat jika dibangun di lokasi pinggir pantai nanti pemerintah disalahkan membangunkan di daerah berpotensi tsunami.

“Hanya kita pikir, dimana tempatnya, apa ya di tempat semula yang daerah rawan tsunami, kan bisa berulang, pantai barat Sumatera kan memang berpotensi tsunami,” terang Basuki.

Sehubungan itu, mengenai lokasinya akan didiskusikan dengan pemerintah daerah bersama masyarakat.

Baca Juga:59 Mahasiswa UI Korban Tsunami Banten Ditemukan Selamat

“Akan kita diskusikan dulu dengan pak gubernur dengan masyarakat, dimana tempatnya,” ujar Basuki lagi.

Menurut dia, belajar dari Palu, Sulawesi Tengah yang terkena bencana likuifaksi, korban dibangunkan rumah di wilayah yang aman dari likuifaksi.

Sejumlah menteri Kabinet Kerja, yaitu Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani, Menteri Kesehatan (Menkes) Nila F Moeloek, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono serta Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita meninjau korban tsunami di Desa Way Muli, Kecamatan Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan.

Baca Juga:Pesan Terakhir Istri Ifan Seventeen Sebelum Ditemukan Meninggal Dunia

Sumber : Antara
Editor : Ahmad Zainal Muttaqin



Komentar
Banner
Banner