Tak Berkategori

Penyaluran Bansos Rastra 2018 di Kalsel, Bulog: Hampir Tuntas

apahabar.com, BANJARMASIN– Penyaluran Bansos beras sejahtera (Rastra) 2018 yang dilakukan Perum Bulog Divre Kalimantan Selatan hampir…

Featured-Image
Kepala Perum Bulog Divre Kalsel, Awaluddin Iqbal (apahabar.com/baha)

bakabar.com, BANJARMASIN– Penyaluran Bansos beras sejahtera (Rastra) 2018 yang dilakukan Perum Bulog Divre Kalimantan Selatan hampir tuntas.

Persentase penyaluran rastra tahap kedua ini sudah 99 persen dan akhir bulan ini penyalurannya sudah tuntas untuk 12 wilayah kerja Perum Bulog Kalsel.

Hal itu disampaikan Kepala Perum Bulog Divre Kalsel, Awaluddin Iqbal kepada bakabar.com, saat dikonfirmasi, Kamis (22/11).

Menurutnya, penyaluran rastra sudah 99 persen dan akhir bulan November sudah selesai.

Sebab, alokasi bansos rastra pada Desember 2018 ditargetkan semuanya sudah disalurkan pada akhir November 2018.

“Kalau berdasarkan data target realisasi itu sekitar 14.900 ton, saat ini sudah terdistribusi sekitar 14.800 ton. Jadi sekitar 100 ton lagi, Insyaallah sudah selesai pada 30 November 2018,” ujar Iqbal.

Ia menuturkan setiap Rumah Tangga Sasaran Penerima Manfaat (RTS-PM) mendapat alokasi 10 kilogram rastra per KK per bulan.

“Jadi sampai dengan alokasi Desember 2018 yang disalurkan pada akhir November mereka mendapatkan 120 kilogram beras,” ujarnya.

Lanjutkan daerah terbesar penerima rastra di Kalimantan Selatan yakni Kota Banjarmasin disusul Kabupaten Banjar, Hulu Sungai Utara, dan Batola.

Menurut Iqbal penyaluran rastra saat ini jauh lebih tepat sasaran, karena setiap alokasi sudah ada daftarnya dari pusat.

“Karena setiap saat diupdate oleh dinas sosial setempat, yang kemudian disampaikan ke pusat. Nah itu menjadi pagu pada bulan berikutnya,” imbuhnya.

Lebih lanjut ia mengatakan beras rastra yang disalurkan merupakan beras dengan kualitas baik.

“Pasti yang disalurkan ke RTS-PM harus bebas hama dan kutu, kalaupun misal ada, mereka boleh melakukan pengembalian, tapi pada prinsipnya sejauh ini tidak ada keluhan,” tandasnya.

Reporter: Bahaudin Qusairi

Editor: Fariz



Komentar
Banner
Banner