Jatah Panglima TNI

Yudo Nilai Alutsista Elemen Penting Bangun Kekuatan TNI

Yudo menyebut ada 3 elemen penting yang harus dipenuhi

Featured-Image
(Foto: apahabar.com/Bambang Susatyo)

bakabar.com, JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono memenuhi panggilan untuk fit and proper test di Komisi I DPR, Jumat (2/12) untuk calon panglima TNI.

Saat menjalani fit and proper test, Yudo menyebut ada 3 elemen penting yang harus dipenuhi untuk membangun kekuatan TNI.

"Dalam membangun kekuatan TNI, terdapat 3 elemen penting yang harus dipenuhi, yang pertama sumber daya manusia," kata Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) dalam agenda fit and proper test di Komisi I DPR, Jumat (2/12).

Yudo menjelaskan bahwa sumber daya manusia merupakan elemen kunci dari keberhasilan tugas TNI yang ditentukan oleh peran dan tingkat profesionalisme.

"Oleh karena itu mental dan fisik harus dibangun agar memiliki kekuatan yang tangguh dalam setiap diri prajurit yaitu jiwa patriotisme," ujarnya.

Lanjut elemen kedua yaitu alat utama sistem persenjataan (alutsista) yang juga merupakan kunci keberhasilan dalam setiap penugasan TNI.

"Alutsista (alat utama sistem persenjataan) yang juga merupakan kunci keberhasilan dalam setiap penugasan TNI," ucapnya.

Yudo menyebut bahwa komponen Alutsista yang dimiliki oleh TNI harus dapat menjawab kebutuhan di setiap matra dalam rangka melaksanakan tugas dan bertanggung jawab sebagai alat pertahanan negara.

"Harus dapat menjawab kebutuhan tiap matra dalam rangka melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai alat pertahanan negara," imbuhnya.

Elemen ketiga yaitu organisasi. Yudo menjelaskan kalau organisasi kematraan harus disusun dan diatur untuk mengikuti perkembangan dan kebutuhan yanh dibutuhkan angkatan.

"Yang ketiga, organisasi. Organisasi kematraan harus disusun dan diatur mengikuti perkembangan dan kebutuhan angkatan, sehingga setiap lini terkecil dari tiap-tiap matra dapat diawaki secara maksimal," tambahnya.

Kendati begitu, Yudo menegaskan kalau ketiga elemen itu dapat dipadukan secara selaras, TNI skan memiliki daya kerah dan daha gempur yang handal.

"Jika ketiga elemen pembangunan kekuatan ini dapat dipadukan secara selaras, maka hasil kekuatan TNI akan memiliki daya kerah dan daya gempur yang handal," pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner