LIFESTYLE

Yogyakarta 42K: Dorong Sport Tourism Lewat Ajang Marathon

The International Yogyakarta 42K menggelar ajang kegiatan lari marathon untuk menggaungkan industri sport tourism.

Featured-Image
Presiden Direktur Dyandra Promosindo Daswar Marpaun dalam konferesi pers Yogyakarta 42k. Foto: apahabar.com/Gabid Hanafie

bakabar.com, JAKARTA The International Yogyakarta 42K menggelar ajang kegiatan lari marathon untuk menggaungkan industri sport tourism.

Tidak hanya itu ajang tersebut juga bertujuan untuk menyambut perayaan Hari Ulang Tahun Yogyakarta ke-267. Sekaligus mempromosikan keindahan Kota Yogyakarta yang penuh dengan nilai historik.

Untuk itu, Dyandra Promosindo bekerjasama dengan Raga Jiwa Mulia menggelar The International Yogyakarta 42K yang diselenggarakan pada 8 Oktober 2023.

Penyelenggaraan perdana The International Yogyakarta 42K juga didukung penuh oleh Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) dan Pemerintah Daerah dan Pemerintah Kota Yogyakarta.

Baca Juga: Mengenal Fourth of July, Hari Paling Bersejarah Warga Amerika Serikat

Acara itu akan diselenggarakan dalam bentuk marathon sejauh 42.195 KM. Acara itu menjadi ajang internasional pertama yang diadakan di Kota Yogyakarta.

Presiden Direktur Dyandra Promosindo, Daswar Marpaung menyampaikan alasan pemilihan Kota Yogyakarta adalah karena sebagai landmark yang menakjubkan dan dilengkapi dengan infrastruktur yang baik.

Infrastruktur itu termasuk Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) dengan berbagai hotel klasik dan modern, serta sistem transportasi yang terhubung dengan baik.

Hal itu bisa memudahkan peserta dan penonton untuk mengakses acara maraton dan menikmati atraksi pariwisata di Yogyakarta.

Baca Juga: Boy Grup Korea Selatan TREASURE Resmi Gabung dengan Columbia Records

“Dengan mengusung tagline ‘Marathon, Yogyakarta, Istimewa’, kami mengajak para pecinta olahraga lari dapat berkontribusi di acara itu,” ujar Daswar.

Selain lari peserta dapat menikmati keindahan dan keistimewaan Yogyakarta yang kaya akan nilai sejarah, warisan seni budaya, kuliner hingga beragam destinasi wisata menarik lainnya.

Acara itu diperkirakan akan diikuti 3.000 pelari baik dari dalam dan luar negeri. Para peserta akan bersaing dalam tiga kategori yaitu 42K, 21K dan 10K. Terdapat juga hadiah uang, medali, dan doorprize menarik untuk peserta.

“Adapun untuk hadiah yang siapkan dalam ajang itu sebesar Rp 288 juta untuk pemenang pria, wanita, dan kategori master bagi yang berusia di atas 40 tahun, berserta doorprizes menarik” jelas Direktur Utama Raga Jiwa Mulia, Rizky Fransisco.

Baca Juga: Taylor Swift Bakal Gelar 6 Hari Konser di Singapura, Simak Harga Tiketnya

Race Management Tribun EO, Gunawan Samiadji menjelaskan bahwa peserta lomba akan memulai perjalanan mereka dari Titik Nol Yogyakarta dan melintasi jalan-jalan ikonik.

Melewati bangunan bersejarah, dan berakhir di Malioboro Yogyakarta. Program penunjang acara dan rute lomba dirancang dengan teliti untuk memberikan pengalaman lari yang memukau sambil menikmati pesona Kota Yogyakarta.

“itu menjadi kali pertama event lari marathon yang melewati Malioboro. Hal tersebut juga memberikan kemudahan bagi peserta lari dari segi transportasi, akomodasi dan kuliner yang sangat mudah dijangkau dan banyak pilihan,” ungkapnya.

Biaya registrasi The International Yogyakarta 42K terdiri dari dua kategori yakni WNI dan WNA.

Baca Juga: Sempat Viral, Benarkah Jackie Chan Menangis Bersama Anaknya?

Harga peserta lari 42K untuk WNI Rp 850 ribu dan WNA Rp 1,2 juta. Sedangkan 21K untuk WNI Rp 600 ribu dan WNA Rp 800 ribu.

Sedangkan jarak 10K untuk WNI Rp 400 ribu dan WNA Rp 600 ribu. Harga tersebut sudah termasuk kaos peserta, kaos finisher bagi yang menyelesaikan 42K, nomor BIB, timing tag, race bag, gimmick sponsor dan race guide.

Melibatkan peran pemerintah daerah dan masyarakat, serta memberdayakan UMKM setempat. Melalui kegiatan itu sebagai sarana untuk memperkuat kerjasama dan memajukan sektor ekonomi lokal.

Editor


Komentar
Banner
Banner