Kalsel

Yasonna Laoly Datang, Pembangunan Lapas di Tanbu Ada Titik Terang

apahabar.com, BATULICIN – Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkum HAM) RI, Yasonna Laoly, meninjau pembangunan…

Featured-Image
Menkum HAM RI, Yasonna Laoly, saat meninjau pembangunan Lapas Tanbu. Foto-Istimewa

bakabar.com, BATULICIN - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkum HAM) RI, Yasonna Laoly, meninjau pembangunan Lembaga Pemasyarakatan di Kabupaten Tanah Bumbu, Jumat (07/02).

Dalam kunjungan itu, Yasonna Laoly yang mengenakan kemeja putih didampingi Bupati Tanah Bumbu, Sudian Noor, anggota DPR RI, Syafruddin H. Maming, Wakil Bupati Ready Kambo, Sekda Rooswandi Salem, serta sejumlah pejabat lainnya.

Yasonna pun sempat melihat langsung lokasi pembangunan Lapas Tanah Bumbu. Dia menginginkan pembangunan Lapas dapat segera diselesaikan.

Baca Juga: Lapas Kalsel "Over Crowded", Kemenkuham Minta Solusi Dewan

Pemkab Tanah Bumbu juga diminta dapat berkontribusi dalam pembangunan tersebut, mengingat Lapas Kelas II B Kotabaru sudah over kapasitas.

Permintaan Yassona itu disambut hangat oleh Pemkab Tanah Bumbu. Sekda Rooswandi Salem menyampaikan komitmennya bahwa pihaknya akan membantu pemerintah pusat menyelesaikan pembangunan tersebut.

“Intinya kita akan fasilitasi dan memback up semua kebutuhan penunjang yang diperlukan agar lapas dapat segera beroperasi,” ucap Sekda Tanah Bumbu, Rooswandi Salem.

Rooswandi menyampaikan pihaknya akan membantu membangun sarana penunjang seperti akses jalan menuju lokasi Lapas.

“Pihak Kemenkumham membangun infrastruktur bangunan. Nanti Pemkab akan fasilitasi sarana penunjang berupa jalan dan lain-lain,” kata Sekda.

Dukungan agar proyek pembangunan Lapas Tanah Bumbu segera rampung juga datang dari anggota DPR RI, Syafruddin H. Maming.

“Melihat Lapas Kotabaru yang over kapasitas, saya kira kedatangan Pak Yassona sangat bagus agar pembangunan bisa dipercepat,” kata pria yang populer dengan nama Cuncung.

Lapas Kotabaru memang sudah sejak lama mengalami over kapasitas. Mestinya, Lapas tersebut hanya dihuni 180 orang, tapi saat ini ada 800 hingga 1000 orang yang menghuni Lapas tersebut. Mayoritas penghuni Lapas merupakan warga Kotabaru dan Tanah Bumbu.

“Semoga minta pemerintah daerah juga bisa membantu pembangunannya. Dan pada 2021 mungkin sudah bisa digunakan beberapa blok,” ucap Cuncung.

Menteri Yasonna tiba di Bandara Bersujud pada pukul 14.30 dengan menaiki helikopter JAT PK-JBD R66 Turbine.

Bupati Tanah Bumbu, Sudian Noor, mendampingi Yassona selama penerbangan dari Banjarmasin menuju Batulicin. Setibanya di Bumi Bersujud, Menkum HAM disambut dengan pengalungan bunga.

Di Tanah Bumbu, Lapas dibangun di Desa Saring Sungai Bubu, Kecamatan Kusan Hilir. Pembangunan tersebut sudah dimulai sejak 2016 saat Tanah Bumbu masih dipimpin Mardani H. Maming. Sampai tahun ini, pembangunan Lapas tersebut masih terus dilakukan, meski beberapa kali proyek pembangunannya dikabarkan mangkrak.

Baca Juga: ASN Wajib ke Ibu Kota Baru, Menpan-RB: Tak Mau, Silakan Mundur

Editor: Puja Mandela



Komentar
Banner
Banner