Kalsel

Yang Dilakukan Muhidin Setelah Dilantik sebagai Wagub Kalsel Siang Ini

apahabar.com, BANJARMASIN – Sahbirin Noor dan Muhidin bakal dilantik Presiden Joko Widodo sebagai gubernur dan wakil…

Featured-Image
Muhidin bakal dilantik sebagai wakil gubernur Kalsel mendampingi Sahbirin Noor di istana negara siang ini, Rabu (25/8). Foto: Dok.apahabar.com

bakabar.com, BANJARMASIN – Sahbirin Noor dan Muhidin bakal dilantik Presiden Joko Widodo sebagai gubernur dan wakil gubernur terpilih Kalimantan Selatan di Istana Negara pada siang ini, Rabu (25/8).

Lantas, apa yang akan dilakukan keduanya pasca-dilantik sebagai kepala daerah?

Usai dilantik siang ini, Muhidin ternyata berencana langsung tancap gas di hari pertamanya sebagai wakil gubernur Kalsel. Mantan wali kota Banjarmasin ini bakal meninjau lokasi penanganan Covid-19.

“Insyaallah akan langsung meninjau penanganan Covid-19 khususnya di rumah sakit, terutamanya rumah sakit provinsi RSUD Ulin Banjarmasin,” katanya dihubungi media ini via seluler sebelum pelantikan.

Muhidin beralasan tujuannya meninjau rumah sakit lantaran pelantikan gubernur dan wakil gubernur terpilih Kalsel dilaksanakan di masa pandemi Covid-19.

Keduanya telah bertolak ke Jakarta pada Selasa (24/8) sore kemarin. Selain hanya orang dekat, pelantikan BirinMu juga dihadiri oleh sejumlah pejabat forum koordinasi pimpinan daerah di Kalsel.

"Insyaallah Presiden Jokowi langsung yang melantik, jam 2 siang," kata politikus PAN ini.

Muhidin mengatakan tak ada persiapan khusus jelang pelantikannya. Dirinya hanya membawa baju untuk pelantikan.

Pelantikan calon gubernur dan calon wakil gubernur Kalsel sebelumnya dijadwalkan 12 Agustus 2021. Namun agenda tersebut dimundurkan hingga sebelum 20 Agustus karena kesibukan Presiden Jokowi.

Kepastian pelantikan BirinMu juga dibenarkan Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel, Roy Rizali Anwar.

Menurut Roy, berdasar hasil rapat, acara pelantikan akan diawali prosesi gladi bersih oleh pihak protokol istana yang dijadwalkan sekitar pukul 11.30 WIB.

Terkait pejabat atau pihak yang mendampingi saat pelantikan, Roy bilang sudah ada prosedur tetap resmi dari pihak istana.

“Yang jelas pelantikan menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan dengan jumlah undangan terbatas,” ujarnya didampingi Plt Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Kalsel R Suria F dilansir Antara.

Komisi Pemilihan Umum Kalimantan Selatan sebelumnya menetapkan calon petahana H Sahbirin Noor sebagai pemenang. Birin unggul suara atas Denny Indrayana pada hasil pemungutan suara ulang (PSU) Pilgub Kalsel 2020 pasca-putusan Mahkamah Konstitusi (MK).

Hasil itu ditetapkan dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil PSU tingkat provinsi di Hotel G’sign Banjarmasin, Kamis 17 Juni 2021.

Pasangan calon H Sahbirin Noor-H Muhidin meraih 871.123 suara, atau unggul 39.945 suara dibanding pasangan calon H Denny Indrayana- H Difriadi (H2D) yang hanya memperoleh 831.178 suara.

KPU Kalsel mengumumkan, jumlah suara sah 1.702.301 suara dan tidak sah 134.760 suara, sehingga total keseluruhan 1.837.061 suara.

Komentar
Banner
Banner