Pemkab HSS

World Cancer Day, Wabup HSS Berikan Semangat Pengidap Kanker

apahabar.com, KANDANGAN – Wakil Bupati Hulu Sungai Selatan (Wabup HSS) Syamsuri Arsyad memberikan semangat dan dukungan…

Featured-Image
Wabup HSS Syamsuri Arsyad memberikan bingkisan kepada pengidap kanker di RSUD Brigjend H Hasan Basry Kandangan.Foto-Istimewa

bakabar.com, KANDANGAN – Wakil Bupati Hulu Sungai Selatan (Wabup HSS) Syamsuri Arsyad memberikan semangat dan dukungan kepada para pengidap kanker di Halaman RSUD Brigjend H Hasan Basry Kandangan, Jumat (4/2).

World Cancer Day atau peringatan hari kanker sedunia yang diperingati setiap 4 Februari tersebut mengusung tema ‘Close The Care Gap’, digelar Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Kabupaten HSS.

Peringatan hari kanker sedunia bukanlah sebuah perayaan semata, tetapi lebih kepada kepedulian terhadap sesama bagi yang sangat membutuhkan.

Wabup Syamsuri Arsyad mengatakan peringatan tersebut dapat dijadikan upaya meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap kanker, sekaligus mendorong pencegahan, deteksi dan pengobatan kanker.

“Karena kanker dapat disembuhkan, asalkan tidak terlambat dan tepat dalam penanganannya,” kata Wabup HSS.

YKI Cabang Kabupaten HSS diharapkan dapat memberikan sosialisasi, workshop, dan kegiatan lainnya guna menunjang dan mewujudkan visi misi organisasi.

Sebab, YKI memiliki peran strategis dalam upaya penanggulangan kanker baik dalam hal promotif, preventif, maupun supportif.

“Kami berharap ke depan penderita kanker di HSS dapat berkurang, sembuh dan tidak bertambah,” lanjutnya.

Wabup Syamsuri Arsyad juga mengucapkan terima kasih kepada jajaran rumah sakit yang telah menangani pasien kanker dengan baik.

Memberikan pelayanan, semangat dan dukungan bagi pasien harus dilakukan. Pasalnya, dengan dukungan berbagai pihak, pasien kanker lebih bersemangat untuk menatap masa depan dan dapat membangkitkan psikologis sebagai modal awal kesembuhan.

RSUD Brigjen H Hassan Basry Kandangan diketahui merupakan rumah sakit kedua di Kalimantan Selatan, setelah RSUD Ulin Banjarmasin yang memiliki layanan kemoterapi bedah onkologi pengobatan kanker.

“Khusnul Khatimah, seorang pejuang kanker mengajak seluruh pasien kanker dapat bergandeng tangan, saling memotivasi satu sama lain dan tidak mengeluhkan keadaan yang hanya akan memperburuk keadaan,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua YKI Cabang HSS Srie Astuti menyerukan seluruh lapisan masyarakat agar meningkatkan kesadaran terhadap kanker dan mendorong melakukan skrining deteksi dini pencegahan dan pengobatan kanker.

Srie Astuti menerangkan, rangkaian peringatan hari kanker sedunia di HSS digelar sederhana berupa kunjungan dan pemberian bingkisan kepada survivor kanker yang sedang dalam perawatan.

Saat ini terdapat 26 pasien yang menjalani pengobatan di pelayanan kemoterapi bedah onkologi RSUD Brigjen H Hasan Basry Kandangan.

“Semua pasien yang dirawat tidak hanya dari Kabupaten HSS saja, tapi juga ada dari beberapa daerah di banua anam,” jelasnya.

img

Pelepasan balon ke udara dalam peringatan world cancer day di HSS.Foto-Istimewa



Komentar
Banner
Banner