Nasional

Wayang Kulit Banjar Meriahkan Pekan Kebudayaan Banjarbaru 2023

Pekan Kebudayaan Banjarbaru 2023 di lapangan Murjani dimeriahkan dengan pagelaran wayang kulit Banjar, Sabtu (16/9).

Featured-Image
Wayang kulit Banjar salah satu pagelaran di Pekan Kebudayaan Daerah Banjarbaru. Foto-apahabar.com/Hasan

bakabar.com, BANJARBARU - Pekan Kebudayaan Banjarbaru 2023  yang digelar di lapangan Murjani dimeriahkan dengan pagelaran wayang kulit Banjar, Sabtu (16/9).

Wayang kulit Banjar ini didalangi oleh Pambakal Juni dari Telaga Langsat, Hulu Sungai Selatan. Penonton nampak antusias, mengingat pagelaran ini cukup jarang dilangsungkan di Banjarbaru.

"Alhamdulillah kegiatan wayang kulit Banjar ini berjalan lancar. Penonton juga nampak ramai," ujar Kepala Dinas Pemuda Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Banjarbaru, A Yani Makkie kepada bakabar.com.

Sebelum pagelaran wayang, malam ini juga dimeriahkan dengan tarian kolosal Dayak, yang membuat para penonton ikut menari bersama.

Meurut Yani Makkie, kegiatan seperti ini merupakan upaya pelestarian nilai-nilai tradisi sekaligus bentuk pengenalan budaya kepada generasi muda.

"Tujuannya untuk perlindungan dan pemanfaatan budaya dan nilai-nilai seni dalam kehidupan," tambahnya.

Sementara itu, dalang melalui wayang-wayang yang diperagakan menyampaikan nilai-nilai ketuhanan, kepatuhan kepada pemimpin yang baik dan kegiatan gotong royong dalam hidup bermasyarakat.

Lakon Semar, Gareng, Bagong dan Petruk turut membuat cair suasan penonton yang membeludak di lapangan Murjani Banjarbaru.

Pekan kebudayaan Daerah Banjarbaru ini akan ditutup pada Minggu (17/9) malam.

Editor


Komentar
Banner
Banner