Nasional

Waspada Karhutla, Cuaca Kalsel Hari Ini Berselimut Asap

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini terkait cuaca Kalimantan Selatan (Kalsel) hari ini.

Featured-Image
Petugas pemadam kebakaran berupaya memadamkan api di Banjarbaru. Foto-apahabar.com/Fida.

bakabar.com, BANJARMASIN - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini terkait cuaca Kalimantan Selatan (Kalsel) hari ini.

Mengutip dari laman resmi BMKG, Kamis (31/8/2023), cuaca Kalsel hari ini nampak diselimuti asap, akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Terpantau pada pagi hari, hampir 13 kabupaten/kota di Kalsel berasap, kecuali Batulicin (Tanah Bumbu), Paringin (Balangan), dan Tanjung (Tabalong).

Cuaca pagi hari ketiga kabupaten itu terpantau dalam kondisi cerah berawan dan cerah.

Asap juga menyelimuti cuaca Kalsel pada dini hari nanti, terutama di Amuntai (Hulu Sungai Utara), Barabai (Hulu Sungai Tengah), Batulicin, Kotabaru, Martapura (Banjar), Paringin, Pelaihari (Tanah Laut) dan Tanjung.

Sementara itu untuk cuaca pada siang dan malam hari, seluruh kabupaten/kota Kalsel dalam keadaan cerah berawan.

Menengok suhu udara Kalsel hari ini, diprakirakan sangat panas hingga mencapai 35 derajat celcius. Hal itu dibarengi dengan tingkat kelembaban udara hingga 95 persen.

Potensi itu diprakirakan berpotensi munculnya Karhutla di seluruh wilayah Kalsel. Karenanya, BMKG mengingatkan warga untuk waspada.

"Waspada potensi kebakaran hutan dan lahan di seluruh wilayah Kalimantan Selatan," demikian bunyi peringatan dini BMKG terkait cuaca hari ini.

Editor


Komentar
Banner
Banner