Tak Berkategori

Waspada Kanker Payudara Pria, Perokok Berisiko

apahabar.com, JAKARTA – Kanker payudara didominasi kaum Hawa, tapi ada sebagian kecil pria yang juga mengalami…

Featured-Image
Ilustrasi payudara. Foto-net

bakabar.com, JAKARTA – Kanker payudara didominasi kaum Hawa, tapi ada sebagian kecil pria yang juga mengalami masalah kesehatan tersebut.

Memang jumlahnya sedikit sekali, tetapi menjadi fakta bahwa kanker payudara tidak hanya dialami perempuan semata.

Diterangkan Dokter Onkologi Dr. dr. Aru Wisaksono Sudoyo, Sp.PD-KHOM, FACP, selama praktik, baru ditemukan 3 pasien kanker payudara pria. Angkanya sangat kecil, tapi fakta yang dia temukan adalah sulitnya pasien mencapai kesembuhan.

“Kanker payudara pada pria itu justru sulit sekali disembuhkan, karena dasarnya bukan estrogen. Jadi, sangat sulit disembuhkan,” terangnya dalam Webinar beberapa waktu yang lalu.

Dilansir bakabar.com dari Okezone, Prof Aru melanjutkan, ada beberapa faktor penyebab seorang pria bisa mengidap kanker payudara, misalnya karena lingkungan dan dia tergolong dalam kelompok perokok. Ya, rokok bukan hanya menyebabkan kanker paru, tetapi bisa sampai memberi masalah ke payudara pria.

“Pria perokok punya risiko mengidap kanker payudara. Selain itu, faktor lingkungan juga berpengaruh pada kasus langka ini,” jelasnya.

Mungkin beberapa dari Anda beranggapan bahwa pria yang mengidap kanker payudara melakukan suntik estrogen sehingga terjadi komplikasi pada tubuhnya dan kanker payudara pun muncul. Tapi, anggapan tersebut dibantah Prof Aru.

“Pasien saya itu bukan berarti estrogennya berlebihan, kemudian payudaranya ikutan besar, enggak juga. Mereka jantan-jantan, tapi mereka memang ada benjolan. Kemudian biopsi dan ditemukan sel kanker di payudaranya. Setelah itu mendapatkan kemoterapi,” papar Prof Aru.



Komentar
Banner
Banner