Kalsel

Waspada, Debit Air Sungai Kusambi Mulai Meningkat

apahabar.com, BATULICIN – Debit air Sungai Kusambi pada Senin (13/7) pagi diketahui mulai meningkat. Berdasarkan penuturan…

Featured-Image
Sungai Kusambi Desa Maju Makmur, Kecamatan Batulicin mulai meluap, Senin (13/7) pagi. Foto-Istimewa

bakabar.com, BATULICIN – Debit air Sungai Kusambi pada Senin (13/7) pagi diketahui mulai meningkat.

Berdasarkan penuturan warga, peningkatan debit air terjadi sejak kemarin. Hujan turun serta kiriman air dari hulu sungai (gunung).

“Sungai Kusambi mulai meluap. Tinggi air sudah melampaui pinggiran sungai dan sudah naik ke jalan serta sebagian permukiman warga,” ujar aparatur Desa Maju Makmur, Supardi, kepada bakabar.com.

Supardi khawatir jika intensitas hujan terus meningkat dalam beberapa hari ke depan, banjir besar akan terjadi lagi seperti tahun lalu.

“Saat ini air sudah naik ke rumah dengan ketinggian mencapai 15 sentimeter hingga 1 meter di dataran rendah. Kami takut sungai akan terus meluap dan mengakibatkan banjir seperti tahun kemarin, dikarenakan kiriman air dari gunung,” ujarnya.

Seperti di tahun kemarin, Sungai Kusambi meluap dengan ketinggian mencapai 2 meter yang merendam permukiman warga di Desa Maju Makmur.

Sebagai informasi, Sungai Kusambi merupakan tembusan dari Sungai Ata (Produksi kilometer 50) dan Sungai Sela Selilau di Kecamatan Mantewe.

Editor: Fariz Fadhillah



Komentar
Banner
Banner