Tak Berkategori

Waspada, Debit air Di Sungai Kemuning Meninggi

apahabar.com,BANJARBARU – Masyarakat disekitaran Sungai Kemuning Banjarbaru diharapkan waspada. Sebab usai hujan deras yang melanda Kota…

Featured-Image
MENINGGI – Debit air di Sungai Kemuning Kota Banjarbaru Rabu (5/12) sore mulai meninggi. Foto: apahabar.com/Zepi Al Ayubi

bakabar.com,BANJARBARU – Masyarakat disekitaran Sungai Kemuning Banjarbaru diharapkan waspada. Sebab usai hujan deras yang melanda Kota Banjarbaru Rabu (5/12) sore tadi mengakibatkan debit air meninggi.

Bahkan air Sungai Kemuning ini sempat meluber ke Jalan Sumber Adi, Kelurahan Guntung Paikat, Kota Banjarbaru.

Warga khawatir, jika hujan deras bahkan dengan intensitas yang lama bisa menyebabkan air sungai tersebut meluber.”Debit air mulai meninggi dari sekitar jam 15.00 WITA tadi, bahkan sempat meluber ke jalan,” ungkap Supriadi kepada bakabar.com Rabu (5/12) sore tadi.

Dia menjelaskan, jika normal.debit air sungai Kemuning antara 70 sentimeter sampai 1 meter. Saat ini kondisinya, debit air sudah mencapai ketinggian 2,5 meter.”Kalau hujan mulai reda bisanya dua jam debut air sudah turun. Tapi jika ada hujan lebat lagi, diperkirakan akan kembali meninggi,” jelasnya.

Baca Juga:Pohon Beringin Tua Tumbang

Sementara itu Plt Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) BPBD Banjarbaru Ahmad Syarief Nizami mengaku sudah menurunkan personilnya untuk memantau. Serta menggali informasi terkait titik-titik yang menjadi rawan bencana banjir di Kota Banjarbaru.

“Terkait hal ini BPBD Kota Banjarbaru sudah bersiaga di beberapa titik rawan banjir. Mulai dari Kelurahan Kemuning, Kalurahan Guntung Paikat, Loktabat Selatan dan Guntung Payung,” ujarnya. Dia menegaskan, untuk saat ini timnya dilapangan sudah melakukan pemantauan. Serta selalu melaporkan perkembangan situasi dilapangan.

Diketahui, sungai Kemuning ini mengalir dari Kelurahan Sungai Besar, Kelurahan Guntung Paikat, Kelurahan Kemuning dan Kelurahan Loktabat Kota Banjarbaru.

Titik yang paling rendah dan rawan banjir di Kota Banjarbaru adalah Kelurahan Guntung Paikat dan Paikat. Dimana setiap tahun menjadi langganan Banjir, jika puncak musim penghujan tiba.

Penulis : Zepi Al Ayubi
Editor : Syarif



Komentar
Banner
Banner