Nasional

Waspada! Banjir Rob Mengancam Kawasan Pesisir Kalsel

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika mengeluarkan peringatan dini banjir rob bagi warga yang berada di kawasan pesisir Kalimantan Selatan.

Featured-Image
Banjir Rob kembali intai Banjarmasin seperti yang pernah terjadi beberapa waktu lalu. Foto-apahabar.com/Bahaudin Qusairi.

bakabar.com, BANJARBARU - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Kalimantan Selatan mengeluarkan peringatan dini banjir rob bagi warga yang berada di kawasan pesisir.

Banjir rob diprediksi terjadi pada 19 hingga 27 Oktober 2023 ke depan. Adapun wilayah yang berpotensi terdampak yakni, Barito Kuala, Banjar, Banjarmasin dan Tanah Laut.

Potensi banjir rob ini disebabkan adanya fase bulan baru dan perigee (arak terdekat Bumi-Bulan) yang perpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum.

Berdasarkan pantauan data water level dan prediksi pasang surut, banjir pesisir (rob) berpotensi terjadi di pesisir wilayah Kalimantan Selatan.

"Masyarakat pesisir pantai diimbau agar selalu waspada untuk mengantisipasi dampak pasang maksimum air laut dan fenomena banjir rob," papar Prakirawan Stamet Syamsudin Noor, Fitma Surya Aghani, Jumat (19/10).

Baca Juga: Hilang Sejak Sore, Bocah 8 Tahun Ditemukan Tewas Tenggelam di Sungai Martapura Banjarmasin

Baca Juga: Polda Metro Panggil Firli Bahuri, Eks Ketua KPK: Jangan Mangkir

"Pasang maksimum berpotensi terjadi di wilayah Perairan Muara Sungai Barito pada tanggal 19 - 27 Oktober 2023 pukul 23.00 05.00 WITA dengan ketinggian maksimum mencapai 2.9 m," timpalnya.

Hal ini akan berdampak pada terganggunya aktivitas keseharian masyarakat dan transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir.

"Seperti kegiatan bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di permukiman pesisir, serta perikanan darat," pungkas Fitma.

Editor


Komentar
Banner
Banner