Hot Borneo

Waspada Banjir! Hampir Seluruh Wilayah Kalsel Berpotensi Hujan Disertai Petir

BMKG juga meminta warga Kalsel untuk mewaspadai potensi angin kencang pada pagi, siang, sore dan malam hari di sejumlah wilayah Kalsel.

Featured-Image
Ilustrasi - Cuaca ekstream. Foto-Shutterstock via Kompas.com

bakabar.com, BANJARMASIN - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan hujan disertai petir berpotensi mengguyur hampir seluruh wilayah Kalimantan Selatan (Kalsel), pada siang, pagi hingga sore dan malam hari, Jumat (27/1).

BMKG juga meminta warga Kalsel untuk mewaspadai potensi angin kencang pada pagi, siang, sore dan malam hari di sejumlah wilayah Kalsel.

Selain itu, BMKG meminta masyarakat Kalsel mewaspadai potensi banjir yang mengancam sejumlah wilayah Kalsel.

BMKG juga mengeluarkan peringatan dini, terkait kondisi cuaca Kalsel hari ini.

"Waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada pagi hari di wilayah Kota/Kabupaten Tanah Laut, serta siang/sore dan malam hari di wilayah Kabupaten/Kota Banjarmasin, Banjarbaru, Banjar, Barito Kuala, Tapin, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara, Kotabaru, Tanah Bumbu, Tanah Laut, Tabalong dan sekitarnya. Waspada banjir," demikian peringatan dini BMKG dikutip dalam situs resminya bmkg.go.id, Jumat.

Pada pagi hari, cuaca di 13 kabupaten/kota Kalsel diperkirakan BMKG tidak merata, selain hujan intensitas ringan, cuaca berawan menghiasi langit wilayah Banua. Kecuali Pelaihari diprediksi hujan disertai petir.

Memasuki siang dan sore hari, BMKG memprediksi cuaca sejumlah wilayah Kalsel hujan dengan intensitas sedang. Kecuali 4 wilayah, di antaranya Batulicin, Kotabaru, Pelaihari dan Tanjung berpotensi hujan disertai petir.

Menginjak malam hari, cuaca seluruh wilayah Kalsel diperkirakan BMKG kembali hujan. Kecuali 5 wilayah diperkirakan hujan disertai petir, di antaranya Amuntai, Barabai, Kandangan, Paringin dan Tanjung.

Memasuki dini hari, Sabtu (28/1), BMKG memprakirakan cuaca di seluruh wilayah Kalsel hujan dengan intensitas ringan.

Sementara suhu udara menyelimuti wilayah Kalsel berada di kisaran 23 hingga 30 derajat celcius dan tingkat kelembapan antara 70-95 persen.

Editor


Komentar
Banner
Banner