Kalsel

WARNING! Tim Rescue Siaga, Seluruh Daerah di Kalsel Berpotensi Banjir

apahabar.com, BANJARMASIN – Seluruh kabupaten kota di Kalimantan Selatan diminta terus waspada akan ancaman bencana banjir,…

Featured-Image
Banjir di kawasan Teluk Tiram, Banjarmasin, Minggu (5/12) malam. Foto-apahabar/Syaiful Riki

bakabar.com, BANJARMASIN – Seluruh kabupaten kota di Kalimantan Selatan diminta terus waspada akan ancaman bencana banjir, tanah longsor hingga angin puting beliung.

Meminjam data Tanggap Darurat Bencana (Tagana) Provinsi Kalsel per 6 Desember 2021, Kabupaten Hulu Sungai Utara dan Hulu Sungai Tengah terdampak banjir.

Sementara fenomena air pasang berdampak di Kabupaten Tanah Laut dan Kota Banjarmasin.

Kendati begitu, Pembina Teknis Tagasa Kalsel Achmadi mewanti-wanti seluruh daerah.

Curah hujan tinggi yang diprediksi BMKG masih mengguyur beberapa hari ke depan tak menutup kemungkinan membuat banjir akan meluas.

"Semua kabupaten dan kota se-Kalsel berpotensi bencana hidrometeorologi," katanya dihubungi bakabar.com, Senin (6/12).

Dia mengimbau warga agar terus waspada terhadap cuaca ekstrem. Sebab, selain banjir, tanah longsor serta angin puting beliung juga mengancam Bumi Lambung Mangkurat.

"Jangan berteduh di bawah pohon atau pun berhenti bekerja di tengah sawah, lapangan terbuka ketika mendung tebal akan datangnya hujan deras," pesannya.

"Termasuk air pasang di dalam rumah. Matikan listrik dalam rumah bila banjir sudah masuk rumah. Tetap tenang dan akrab bencana," tambah Achmadi.

Lebih jauh, pria yang juga menjabat sebagai Kepala Seksi Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam Dinsos Kalsel ini bilang sejumlah logistik bantuan telah disiapkan.

Selain itu, Tim Rescue kini terus siaga apabila ada warga yang perlu dievakuasi.

"Termasuk menyiapkan tim psikososial bagi warga terdampak bencana tersebut yang mengalami traumatik akibat bencana terulang-ulang," pungkasnya.

Terpisah, bakabar.com berupaya mengontak pihak BPBD Kalsel untuk diminta keterangan. Sayangnya, pejabat berwenang tak merespon upaya konfirmasi ini.



Komentar
Banner
Banner