Nasional

Warning! RI Peringkat Tertinggi Negara Rawan Bencana

apahabar.com, JAKARTA – Indonesia disebut menduduki ranking tertinggi negara rawan bencana. Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan…

Featured-Image
Banjir melanda Kalsel pada awal 2021. Foto-Ist

bakabar.com, JAKARTA – Indonesia disebut menduduki ranking tertinggi negara rawan bencana.

Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), total bencana yang terjadi di berbagai wilayah Indonesia sepanjang tahun lalu mencapai 3.253 bencana. Jika dikalkulasi lebih jauh, kira-kira terjadi 9 bencana yang terjadi di Indonesia setiap harinya.

“Saya ingin mengingatkan kita semua bahwa negara kita, Indonesia adalah negara yang rawan terhadap bencana. Masuk 35 paling rawan risiko bencana di dunia,” kata Jokowi, Rabu (3/3/2021).

Hal tersebut dikemukakan Jokowi saat memberikan pengarahan dalam pembukaan rapat koordinasi nasional penanggulangan bencana tahun 2021 di Istana Negara, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

“Bukan sebuah angka yang kecil. Tapi cobaan, ujian dan tantangan itu harus kita hadapi baik bencana hidrometeorologi maupun bencana geologi,” katanya.

Jokowi kembali mengingatkan bahwa Indonesia menduduki ranking tertinggi negara yang rawan bencana. Maka dari itu, kepala negara mengingatkan jajarannya untuk berhati-hati terkait hal ini.

“Saya melihat kunci utama dalam mengurangi risiko terletak pada aspek pencegahan dan mitigasi bencana yang selalu saya sampaikan berulang. Pencegahan, jangan terlambat,” tegasnya.



Komentar
Banner
Banner