Warna Lidah

Warna Lidah Ternyata Bisa Menandakan Kondisi Kesehatan Tertentu dalam Tubuh

Warna dan tekstur lidah memberikan isyarat visual yang menandakan kondisi kesehatan, bahkan isyarat adanya masalah dalam tubuh.

Featured-Image
Warna pada Lidah Berhubungan dengan Kesehatan. Foto: Freepik

bakabar.com, JAKARTA - Warna dan tekstur lidah memberikan isyarat visual yang menandakan kondisi kesehatan, bahkan isyarat adanya masalah dalam tubuh.

Ribuan tahun lalu, praktisi pengobatan tradisional Tiongkok melakukan pemeriksaan lidah untuk mendiagnosis permasalahan tubuh. Dengan menilai warna, bentuk, kelembapan dan ketebalan lidah.

Melansir Verywell Health, Jumat (17/11), penelitian terbaru yang mereka rilis menemukan bahwa kondisi lidah 95 persen akurat dalam mendiagnosis kondisi tertentu, seperti diabetes dan anemia. Perubahan warna pada lidah juga menunjukkan kondisi kesehatan.

"Rona kekuningan yang menandakan masalah hati, atau lapisan keputihan menandakan masalah pencernaan, merupakan indikator yang signifikan,” ungkap Ali Al-Naji, PhD , seorang profesor di University of South Australia, dikutip Verywell Health, Jumat (17/11).

Penelitian sebelumnya menunjukkan, perubahan warna lidah membantu melacak infeksi COVID-19, dan skrining pada kanker.

Warna Lidah dan Kondisi Kesehatan

Ilustrasi Kondisi Warna pada Lidah. Foto: leslieanthonydmd
Ilustrasi Kondisi Warna pada Lidah. Foto: leslieanthonydmd

Warna adalah komponen penting dalam pemeriksaan lidah. Sehingga hal ini menjadi penting untuk memeriksakannya dalam pengobatan modern saat ini, meski interpretasi temuannya berbeda.

"Kondisi lidah dapat dikaitkan dengan penggunaan obat-obatan, sistem imun yang lemah, kekurangan nutrisi atau menandakan sebuah penyakit," kata Grant Chu, MD, MS, seorang dokter di UCLA Center for East-West Medicine.

Ketika kekurangan vitamin B12, lidah akan terasa bengkak dan meradang. Bercak putih atau merah juga muncul akibat infeksi jamur, yang disebut sariawan.

Diagnosis pengobatan tradisional Tiongkok mencakup pemeriksaan warna, bentuk, kelembapan, dan ketebalan lidah selama 15-20 detik.

"Tiap orang memiliki kondisi kesehatan berbeda, tergantung pada ciri atau variasi warna pada lidah," kata Chu.

Sebagai referensi, beberapa warna yang terlihat pada lidah untuk menjelaskan kondisi kesehatan Anda:

- Lidah berwrna merah muda, menandakan sehat dan normal.
- Lidah merah, mungkin menandakan demam atau ketidakseimbangan hormon.
- Lidah berwarna ungu kemerahan, pertanda kemungkinan peradangan atau infeksi pada tubuh.
- Lidah berwarna merah muda pucat, pertanda kekurangan vitamin, sistem kekebalan tubuh yang lemah, atau kekurangan energi.

Pemeriksaan lidah juga dapat mendeteksi kanker lidah lebih dini, dengan mengecek warna, tekstur hingga ketebalan lidah itu sendiri.

"Kita mulai memahami banyak tentang mikrobioma dan dampak bakteri alami yang menghuni usus dan rongga mulut," ucap Kevin Contrera MD, MPH, ahli bedah di UPMC, Pennsylvania.

Merokok, alkohol, dan human papillomavirus (HPV) semuanya dapat meningkatkan risiko terkena kanker lidah, namun terdapat beberapa bukti bahwa pola makan yang kurang buah dan sayur juga merupakan faktor risiko.

Editor


Komentar
Banner
Banner