Tak Berkategori

Warganet Diminta Berhati-hati Terhadap Jejak Digital

apahabar.com, JAKARTA – Para pengguna internet disarankan berhati-hati terhadap jejak digital. Jejak digital yakni segala hal…

Featured-Image
Ilustrasi jejak digital. Foto: Net

bakabar.com, JAKARTA – Para pengguna internet disarankan berhati-hati terhadap jejak digital. Jejak digital yakni segala hal yang diunggah, dicari, dibaca, dan dikomentari seseorang di internet.

Psikolog Kasandra Putranto mengatakan jejak digital sangat kejam. Untuk itu, dia menyarankan pengguna internet tidak mengunggah konten negatif, termasuk keluhan mengenai sesuatu.

Menurut Kasandra, psikolog mampu melihat karakter seseorang melalui konten yang diunggahnya. “Dari bahasanya akan terlihat karakternya seperti apa, kalau isinya mengeluh terus, berarti dia adalah seorang pengeluh,” ujarnya seperti dikutip bakabar.com dari Republika.co.id, Minggu (23/02).

Dia juga menyarankan agar individu tidak berlebihan membagi informasi pribadi di akun media sosial (medsos). Namun menurut Kasandra, jika berbagi unggahan tentang keluarga dalam batas tertentu, hal itu merupakan hal positif. Sebab, diartikan dapat diartikan si pemilik akun merupakan sosok yang sayang keluarga.

Jejak digital berkenaan pula karier si pengguna medsos. Medsos, kata dia, adalah sebuah gambaran diri. Untuk itu, orang-orang yang ingin berkarier harus dapat memaksimalkan penggunaan medsos sebagai presentasi kualitas positif diri.

Kasandra menyebut kini banyak perusahaan yang merekrut calon karyawan menggunakan informasi dari akun medsos. “Karena dari akun akan tampak ciri khas kepribadiannya,” ujarnya.

Dia menekankan, penilaian dan pertimbangan calon karyawan dalam sebuah rekrutmen merupakan langkah cukup efektif bagi tim Human Resources Development (HRD) dan psikolog. “Beberapa bisa tidak diterima karena ternyata ditemukan karakter buruk di media sosial,” kata Kasandra.

Kasandra mengatakan, perusahaan bisa jeli melihat unggahan baik yang sesuai kenyataan maupun palsu. Terlebih, jika foto-foto yang diunggah terlebih dulu diedit sehingga tampilan foto sangat berbeda dengan aslinya.(Rep)

Baca Juga:Nikita Mirzani Ditahan, Warganet Sebut Dipo Latief Tak Punya Hati

Baca Juga:Menkominfo Bantah Tudingan Warganet Soal Blokir Indoxxi

Editor: Aprianoor



Komentar
Banner
Banner