Pemkab Tanah Laut

Warga Desa Tirtajaya Senang Adanya Program Yandu Sanak Kawan Disnakkeswan Tala

Peternak di Desa Tirtajaya Kecamatan Bajuin, Kabupaten Tanah Laut (Tala) merasakan manfaat adanya pelayanan terpadu sahabat peternakan dan kesehatan hewan (Yand

Featured-Image
Peternak di Desa Tirtajaya Kecamatan Bajuin, Kabupaten Tanah Laut (Tala) merasakan manfaat adanya pelayanan terpadu sahabat peternakan dan kesehatan hewan (Yandu Sanak Kawan) Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) Tanah Laut.

bakabar.com, PELAIHARI - Peternak di Desa Tirtajaya Kecamatan Bajuin, Kabupaten Tanah Laut (Tala) merasakan manfaat adanya pelayanan terpadu sahabat peternakan dan kesehatan hewan (Yandu Sanak Kawan) Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) Tanah Laut.

Hendra salah seorang peternak desa setempat mengatakan, sebanyak 20 ekor kambing di tempatnya telah menerima layanan kesehatan seperti pemberian suntik vitamin dan vaksin.

“Saya berharap kegiatan seperti ini bisa berlanjut kedepannya, lantaran warga desa kebanyakan peternak,” pintanya, Selasa (11/7/2023).

Sementara itu, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) Tanah Laut H Iwan Persada mengatakan, Yandu Sanak Kawan diberikan kepada ternak sapi dan kambing.

Ia menambahkan ternak sapi yang menerima vitamin sebanyak 69 ekor, obat cacing sebanyak 42 ekor, vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) 40 ekor, pemasangan ear tag sebanyak 31 ekor dan pemeriksaan bunting sebanyak 10 ekor.

Sedangkan ternak kambing yang menerima vaksinasi PMK sebanyak 15 ekor, menerima vitamin dan obat cacing sebanyak 16 ekor.

“Tanah Laut ditargetkan dapat melaksanakan kegiatan penandaan dan pendataan hewan sesuai dengan realisasi distribusi ear tag (barcode yang disematkan di telinga sapi) sejumlah 83.731 buah. Pada tahun 2022, sudah terealisasi pemasangan pada ternak sejumlah 8.192 ekor,” katanya.

Menurut Iwan, target tahun 2023 Tanah Laut pada Kegiatan penandaan dan pendataan hewan sejumlah 24.000 ekor.

Melalui pelayanan yang dilaksanakan secara aktif kepada masyarakat yang memerlukan, dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas pelayanan teknis peternakan dan kesehatan hewan serta pencapaian target tersebut bisa dicapai.

Editor


Komentar
Banner
Banner