News

Waket DPRD Kalsel Dorong Wisata Religi dan Wisata Sungai Nagara HSS

apahabar.com, BANJARMASIN – Menggelar diskusi bersama tokoh masyarakat Pasungkan, Daha Utara, Nagara, Kabupaten Hulu Sungai Selatan…

Featured-Image
Diskusi bersama tokoh masyarakat Pasungkan, Daha Utara, Nagara, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS). Foto-Istimewa

bakabar.com, BANJARMASIN – Menggelar diskusi bersama tokoh masyarakat Pasungkan, Daha Utara, Nagara, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Wakil Ketua DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) M Syaripuddin mendorong potensi wisata religius hingga sejarah Sungai Nagara.

Menurut dia, potensi itu bisa digali untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Potensi wisata religi ini cukup potensial, jika masyarakat bisa benahi, ini pasti banyak dikunjungi masyarakat luar daerah,” ujar pria yang karab disapaBang Dhin ini, Sabtu (24/4).

Selain wisata religi, ujar Sekretaris PDI Perjuangan Kalsel, Sungai Nagara juga punya cerita sejarah yang panjang di masa lampau.

Sebelum jaman kolonial, Nagara pernah menjadi pusat ekonomi. Di sana pernah berdiri kerajaan kuno Hindu Kaharingan

Wilayah kerajaan menurut hikayat membentang sepanjang aliran sungai Margasari Tapin, Amuntai Hulu Sungai Utara, Sungai Balangan, Sungai Tabalong bahkan hingga wilayah DAS Barito dan Seruyan.

Dari sejarah dan wisata religi yang tersimpan itu masyarakat Nagara bisa maju.

Dari situ ekonomi masyarakatNagara bisa bergeliat dan meningkatkan. Akan banyak Ekonomi kereatif yang lahir jika hal itu bisa dilakukan.

Dalam diskusi Lokakarya dan Buka Puasa bersama dengan masyarakat itu juga hadir sejumlah tokoh intelektual Nagara dan Kalsel seperti Prof Ismet Ahmad, Prof Hadin Muhjad, Akademisi ULM dan Tokoh Masyarakat Negara, dan Dr Syamsuri Yusuf.

Selain itu hadir pula Selaku Kepala BKKBN Kalimantan Selatan Ir H Ramlan, Ketua Yayasan Kerukunan Warga Daha Nagara (YAKWADANA) Dr Ir H Rustam Effendi dan anggota Komisi IV DPRDKalsel Wahyudi Rahman.



Komentar
Banner
Banner