Pemkab Tanah Laut

Wabup Tala Resmikan Sekolah Siaga Kependudukan dan Pusat Informasi Konseling Remaja

apahabar.com, PELAIHARI – Wakil Bupati Tanah Laut (Wabup Tala) Abdi Rahman meresmikan Sekolah Siaga Kependudukan (SSK)…

Featured-Image
Wabup Tala Abdi Rahman meresmikan Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) dan Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) bertempat di UPTD SMPN 1 Pelaihari, Selasa (8/2). Foto-apahabar.com/Istimewa.

bakabar.com, PELAIHARI – Wakil Bupati Tanah Laut (Wabup Tala) Abdi Rahman meresmikan Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) dan Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) di UPTD SMPN 1 Pelaihari, Selasa (8/2).

Abdi Rahman mengapresiasi adanya SSK dan PIK-R di UPTD SMPN 1 sebagai sekolah yang pertama yang melaksanakan program ini.

“Mudah-mudahan bisa dicontoh oleh sekolah lain, program ini sangat strategis, untuk kehidupan masa depan, jika dari remaja saja sudah direncanakan, sehingga 10-20 tahun kedepan sehingga akan ada para pemimpin baru di Tala ini,” kata Abdi Rahman.

Kepala Sekolah SMPN-1 Pelaihari Raden Jaka Sarjana Dwi Jayanta MPd menyampaikan pihaknya akan bekerja sama dengan BKKBN Kalsel dan Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Tala, agar bisa diimplementasikan oleh seluruh siswa, terutama dalam SSK dan PIK-R dituntut memberi informasi kegiatan khususnya kependudukan.

“Tidak hanya itu akan ada konselor sebaya, untuk konsultasi perencanaan masa depan, jenjang karir, dan perencanaan untuk berkeluarga tetapi tetap akan didampingi,” kata Raden Jaka.

Sementara Kepala BKKBN Prov Kalsel Ir H Ramlan MA menyampaikan pemerintah harus bersiap dari sekarang.

Pasalnya jika lebih banyak penduduk berusia muda yang produktif, maka akan sangat menguntungkan sekali bagi negara.

“Ekspor jadi meningkat, Jepang sangat baik dalam menghadapi fenomena ini, Indonesia diharapkan begitu juga,” kata dia.

Lebih jauh dia menambahkan, fenomena ini akan terwujud jika pemerintah mampu menyediakan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM ) yang tinggi. “Fasilitas kesehatan yang baik, tingkat pendidikan yang baik, dan tersedianya lapangan pekerjaan,” sambung Ramlan.

Komentar
Banner
Banner