Pemkab Kapuas

Wabup Kapuas Buka Lomba Inovasi Pengembangan Tekhnologi Tepat Guna

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Wakil Bupati Kapuas, Kalteng, HM Nafiah Ibnor membuka secara resmi pameran dan…

Featured-Image
Wakil Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor saat melihat peralatan tekhnologi tepat guna inovasi dari salah satu perserta lomba. Foto-Istimewa

bakabar.com, KUALA KAPUAS - Wakil Bupati Kapuas, Kalteng, HM Nafiah Ibnor membuka secara resmi pameran dan lomba inovasi pengembangan dan penerapan Teknologi Tepat Guna (TTG) tingkat Kabupaten Kapuas, Rabu (2/6).

Kegiatan yang dipusatkan di Citimall Kuala Kapuas tersebut juga dihadiri anggota DPRD Kapuas Rosehan Anwar, Kepala Dinas PMD Yan Marto para Camat dan sejumlah undangan lainnya.

Wabup Kapuas HM Nafiah Ibnor mengatakan, Kabupaten Kapuas disamping memiliki kekayaan alam yang melimpah dalam bidang pertanian maupun perikanan, juga memiliki potensi sumber daya seperti energi hijau, mikrohidro, energi angin, energi surya dan lain sebagainya.

Menyikapi kondisi tersebut, maka Kabupaten Kapuas dituntut untuk mengembangkan dan meningkatkan sumber daya manusia agar masyarakat memiliki penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi serta keterampilan dan daya saing yang kuat dalam mengelola sumber daya alam.

"Salah satunya adalah melalui pengembangan dan pemanfaatan teknologi tepat guna secara optimal agar mampu menciptakan efisiensi, efektifitas dan produktivitas yang tinggi dan berkesinambungan," katanya.

Melalui lomba TTG ini diharapkan Nafiah, bisa menjadi landasan penting dan strategis bagi terbentuknya sumber daya manusia yang inovatif, kreatif, produktif dan kompetitif menuju Kapuas yang lebih maju, sejahtera dan mandiri sesuai dengan visi dan misi Kabupaten Kapuas.

"Saya berpesan kepada kita semua dan khususnya seluruh peserta lomba agar dapat memanfaatkan dan mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya. Tampilkan karya inovasi yang dimiliki kepada dewan juri dan selamat berkompetisi," ucap Nafiah Ibnor.

Sementara itu Kepala Dinas PMD Kapuas Yan Marto menjelaskan, maksud dan tujuan kegiatan lomba TTG adalah untuk meningkatkan dan mendukung pengembangan tekhnologi tempat guna berbasis sumber daya lokal bagi para pihak.

“Tentunya yang berfokus pada peningkatan, pengembangan dan penerapan TTG oleh masyarakat menuju Kabupaten Kapuas yang lebih maju, sejahtera dan mandiri,” pungkasnya.

Komentar
Banner
Banner