Pemkab HSS

Wabup HSS Bersama Danlanal Banjarmasin Kunjungi Tugu Ni'ih

Wabup HSS Syamsuri Arsyad bersama Danlanal Kolonel Laut (P) Agus Setyawan kunjungan ke Desa Hulu Banyu Loksado mengunjungi Monumen 17 Mei 1949 atau Tugu Ni'ih.

Featured-Image
Puncak peringatan HUT Ke-74 Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan. Foto: Kominfo HSS

bakabar.com, KANDANGAN - Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad bersama Komandan Lanal Banjarmasin (Danlanal) Kolonel Laut (P) Agus Setyawan kunjungan ke Desa Hulu Banyu Loksado mengunjungi Monumen 17 Mei 1949 atau Tugu Ni'ih, Rabu (17/5/2023).

Kunjungan ini merupakan rangkaian penutupan Peringatan HUT Ke-74 Proklamasi Gubernur Tentara Angkatan Laut Republik Indonesia (ALRI) Divisi IV Pertahanan Kalimantan.

Wabup HSS Syamsuri Arsyad mengatakan peristiwa 17 Mei 1949 merupakan suatu peristiwa heroik terutama bagi angkatan laut dan Kalimantan, karena pada diproklamasikan bahwa Kalimantan bagian tak terpisahkan dari Republik Indonesia.

"Diproklamasikan Brigjend H Hasan Basry, Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan bersama rakyat Kalsel. Jadi sangat wajar kalau keluarga besar angkatan laut merasa memiliki emosional sangat kuat," ungkap Wabup HSS.

Pihaknya berharap ke depannya akan ada langkah bersama untuk bisa lebih mewariskan nilai-nilai perjuangan ini terutama untuk generasi muda bangsa.

Danlanal Banjarmasin, Kolonel Laut (P) Agus Setyawan mengucapkan terima kasih kepada Wabup dan seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten HSS yang telah mengajaknya mengunjungi langsung monumen-monumen perjuangan yang ada di Bumi Rakat Mufakat.

"Wlaupun kita hanya melihat munumen maupun peninggalannya saja, tetapi semua ini mengandung arti dan nilai yang tidak terkira," ungkapnya.

Nantinya cerita maupun peninggalan bersejarah terkait Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan di HSS akan disampaikan langsung kepada pimpinannya 

"Sekarang dinas angkatan laut sedang menggali sejarah angkatan laut, dengan harapan nantinya akan ada tindak lanjut dari laporan tersebut," pungkasnya.

Editor
Komentar
Banner
Banner