Bujur Jua Kah?

Viral Tepuk Punggung Jadi Pertolongan Pertama Serangan Jantung, Benarkah?

Belum lama ini viral di media sosial video pria yang mendadak kena serangan jantung saat bangun tidur

Featured-Image
Belum lama ini viral di media sosial video pria yang mendadak kena serangan jantung saat bangun tidur kemudian bisa tertolong dengan hanya ditepuk di bagian punggung. Foto-Tangkapan Layar

bakabar.com, BANJARMASIN - Belum lama ini viral di media sosial video pria yang mendadak kena serangan jantung saat bangun tidur kemudian bisa tertolong dengan hanya ditepuk di bagian punggung.

Berdasarkan informasi dari akun Twitter @Midjan_La_2 bahwa pertolongan pertama serangan jantung yaitu menepuk-nepuk punggung dan menekan ujung jari-jari tangan pasien. Konon, cara ini bisa memperlancar aliran darah yang tersumbat.

"Itu penyempitan pembuluh jantung, kardiovaskuler datangnya mendadak tidak ada gejala dan mematikan. Untuk bantuan pertama tepuk2 punggungnya dan tekan ujung-ujung jari tangan untuk memperlancar peredaran darah," ujar akun tersebut dengan menyertakan video seorang yang terkena serangan jantung ditolong dengan menepuk-nepuk punggung.

Menanggapi video tersebut, spesialis jantung dan pembuluh darah dr Ignatius Yansen NG, SpJP (K), FIHA, FAsCC menyebut bahwa pertolongan pertama dengan cara-cara tersebut tidak tepat bagi pasien serangan jantung.

"Serangan jantung ditandai dengan pasien merasa nyeri dada hebat seperti tertindih benda berat, mual muntah keringat dingin," ujar dr Yensen dilansir dari detikcom, Sabtu (29/4).

"Keluhan pasien serangan jantung pasti rasa tidak nyaman di dada. Tapi kalau pasien serangan jantung itu tidak bisa ditunjuk dengan satu jari," kata dr Yansen.

Dr Yensen pun menyebutkan ada tiga ciri-ciri seseorang mengalami serangan jantung:

1. Nyeri Tumpul

Ciri-ciri serangan jantung yang pertama yaitu nyeri tumpul pada dada. Rasa nyeri tumpul didefinisikan seperti dada yang sehabis dipukul, ditekan, atau diikat menggunakan tali.

"Bukan nyeri tajam seperti nyeri tajam yang habis ditusuk atau disayat," tutur dr Yansen.

2. Nyeri Menjalar hingga Bagian Tubuh Lain

Selain nyeri tumpul, orang yang mengalami serangan jantung juga mengalami nyeri yang menjalar hingga ke bagian tubuh sebelah kiri. Namun, tidak menutup kemungkinan rasa nyeri itu menjalar hingga ke leher atau rahang.

"Kalau ke leher itu rasanya seperti tercekik. Kalau ke rahang rasanya seperti ada yang ada rasa tidak nyaman, nah seperti itu juga bisa," beber dr Yansen.

3. Gangguan autonom

Saraf autonom bertujuan untuk mengatur fungsi-fungsi dalam tubuh seperti tekanan darah, detak jantung, hingga sistem pencernaan. Apabila seseorang mengalami serangan jantung, maka akan mengalami gejala sebagai berikut:

  • Mual
  • Muntah
  • Keringat berlebih


"Kalau ada tanda-tanda nyeri tumpul, rasa menjalar, disertai juga tadi mual muntah sampai keringat dingin, maka harus ke rumah sakit untuk melakukan pertolongan pertama," ucapnya.

"Atau kalau ada di rumah obat pengecer darah untuk serangan jantung bisa ditaruh dulu sebagai pertolongan pertama sebelum dibawa ke rumah sakit," pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner