kesehatan

Viral Imbauan Jangan Minum Teh Setelah Makan Bakso, Begini Kata Ahli Gizi

Imbauan tidak boleh minum teh setelah makan bakso viral di media sosial.

Featured-Image
Ilustrasi. Foto-Net

bakabar.com, BANJARMASIN - Imbauan tidak boleh minum teh setelah makan bakso viral di media sosial.

Imbauan dalam bentuk video tersebut pertama kali diunggah melalui media sosial Instagram, kemudian viral di Twitter pada Jumat (28/7).

Wanita dalam video itu menyebutkan bahwa makanan yang mengandung protein, seperti bakso, ikan, ayam, dan lain-lain sebaiknya minum yang mengandung vitamin C, misalnya es jeruk.

Ahli gizi dari Universitas Gajah Mada (UGM) Toto Sudargo mengatakan, salah satu kandungan zat gizi di dalam teh adalah tanin.

"Tanin salah satunya punya fungsi menghambat penyerapan protein," ujarnya, saat dilansir dari kompas, Minggu (30/7).

Oleh sebab itu, masyarakat kerap mengira bahwa minum teh setelah mengonsumsi makanan berprotein seperti bakso, ikan, ayam, dan lain-lain tidak bisa menyerap nilai nutrisi makanan itu.

Padahal, pemahaman tersebut salah kaprah. Sebab, kandungan tanin di dalam satu gelas teh sangat sedikit.

"Dalam 10 gram teh, tanin yang terkandung 5 miligram sehingga jika konsumsi teh bersama protein tidak akan menghambat penyerapan protein dalam tubuh," jelas Toto.

Sekalipun seseorang minum teh setelah makan makanan yang mengandung protein, Toto mengatakan tidak ada masalah kesehatan yang mengikutinya.

Sebaliknya, konsumsi minum teh sangat menguntungkan bagi tubuh karena daun teh mengandung vitamin C yang stabil ketika dipanaskan.

Selain itu, daun teh juga mengandung antioksidan yang bernama flavonoid yang sangat dibutuhkan tubuh.

Editor


Komentar
Banner
Banner