17 Tahun Kamisan

[VIDEO] Aksi Kamisan Semarang Usung Ajakan Golput

Merayakan ulang tahun ke-17, ‘Aksi Kamisan’ tidak hanya digelar di Jakarta, tetapi juga di depan kantor Gubernur Provinsi Jawa Tengah, Kamis (18/1).

bakabar.com, JAKARTA - Merayakan ulang tahun ke-17, ‘Aksi Kamisan’ tidak hanya digelar di depan Istana Negara. Aksi Kamisan juga berlangsung di depan kantor Gubernur Provinsi Jawa Tengah pada Kamis (18/1). Puluhan orang berpakaian serta berpayung hitam mengawali aksinya pada pukul 16.15 WIB.

Aksi Kamisan bukan sesuatu yang muncul setiap lima tahun sekali atau jelang pilpres. Aksi Kamisan hadir untuk mengingatkan penguasa.

Jika pelanggaran HAM pada peristiwa 65 dan 98 meninggalkan luka mendalam. Paska itu terjadi perubahan pola pelanggaran yang tidak hanya melibatkan negara, tetapi juga masyarakat. Ditandai dengan maraknya pembungkaman hingga kriminalisasi, termasuk yang dialami oleh para pejuang lingkungan.

Atas dasar itu, Aksi Kamisan menjadi momentum penting untuk melakukan koreksi terhadap negara. Termasuk menyuarakan sikap ‘Golput’ di Pemilu 2024.

Video Journalist: Dedy Irawan
Video Editor: Iskandar Zulkarnaen
Produser: Jekson Simanjuntak

Editor


Komentar
Banner
Banner