Politik

Verifikasi, Struktur Partai Gelora Kalsel Sudah Siap

apahabar.com, BANJARMASIN – DPW Partai Gelora Indonesia Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar rapat koordinasi wilayah di Hotel…

Featured-Image
Ketua DPW Gelora Indonesia Kalsel, Riswandi usai rapat koordinasi. Foto – apahabar.com/Bahaudin Qusairi

bakabar.com, BANJARMASIN – DPW Partai Gelora Indonesia Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar rapat koordinasi wilayah di Hotel Zuri Express Banjarmasin pada Minggu (17/11).

Pada agenda tersebut parpol yang baru seumur jagung ini mengukuhkan struktur kepengurusan partai di tingkat 13 kabupaten/kota hingga kecamatan.

Upaya itu diambil sebagai syarat yang harus dipenuhi untuk disahkan sebagai parpol oleh Kemenkumham.

“Untuk daerah Kalsel sudah semuanya syarat dilengkapi, tinggal menunggu provinsi lain saja lagi, InsyaAllah satu bulan selesai,” ujar Ketua DPW Gelora Indonesia Kalsel, Riswandi saat ditemui usai rapat koordinasi.

Ia mengakui untuk memenuhi syarat verifikasi supaya suatu parpol diakui oleh negara dan pemerintah sangatlah berat.

"Saking beratnya dan juga butuh waktu panjang, sehingga tak sedikit parpol yang dinyatakan tidak lulus verifikasi. Butuh energi yang besar sehingga tak sedikit mengeluarkan tetesan keringat," ujarnya.

Tahapan pengajuan penetapan verifikasi, lanjut Riswandi untuk suatu parpol berkewajiban mendirikan cabangnya di 34 provinsi di Indonesia.

Sedangkan tingkat kabupaten/kota parpol diharuskan memenuhi 75 persen. Kemudian skala kecamatan lebih sedikit lagi hanya cuma 50 persen saja.

“Belum lagi semua itu harus punya sekretariat sendiri, jadi perlu energi yang cukup besar untuk memenuhi semua syarat itu,” imbuhnya.

Ia juga mengakui bahwa kader Partai Gelora merupakan eks Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Tetapi yang harus digaris bawahi adalah dalam struktur pengurus 13 kabupaten/kota di Kalsel diisi oleh orang baru.

“Sekitar 50 persen lebih kepengurusan diisi orang orang baru dan berjiwa muda,” tuturnya.

Ketika Partai Gelora Indonesia sudah resmi diakui, Riswandi berencana membuka seluas luasnya untuk semua elemen masyarakat untuk bergabung. Tak hanya terpaku pada kaum milenial belaka.

Asalkan mereka sejalan dengan tugas serta visi misi dengan Partai Gelora Indonesia sendiri.

Kehadiran Partai Gelora sendiri, bagi Riswandi ingin menyatukan bangsa Indonesia yang dinilainya telah terpecah belah. Gelora adalah sarana untuk merakatkan semua elemen itu.

“Partai Gelora Kalsel sudah diterima oleh rakyat Kalsel, makanya kami sangat yakni bangga inib punya potensi yang besar jika ditangan Gelora,” tegasnya.

Baca Juga: Bangun Kalsel Religius, Denny Indrayana Lirik Imam FPI Banua

Baca Juga: Minus Paman Birin, Tiga Nama Kembalikan Berkas ke Gerindra

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Aprianoor



Komentar
Banner
Banner