Kalsel

Vaksinasi COVID-19, Semangat Kejar Herd Immunity di Pesisir Sungai Barito

apahabar.com, BANJARMASIN – Matahari baru memerah di ufuk timur. Ratusan masyarakat pesisir Sungai Barito tampak antusias…

Featured-Image
Salah seorang peserta mengantre untuk mendapatkan vaksin COVDI-19 di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin. Foto-Istimewa

bakabar.com, BANJARMASIN – Matahari baru memerah di ufuk timur.

Ratusan masyarakat pesisir Sungai Barito tampak antusias mengikuti serbuan vaksinasi COVID-19 tahap kedua bersama Lanal Banjarmasin dan instansi maritim di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Rabu (25/8).

Salah seorang peserta vaksinasi COVID-19 mengaku sangat semangat mengikuti vaksinasi COVID-19 tahap kedua, setelah sebelumnya sudah disuntik vaksin tahap pertama di tempat yang sama.

“Sebelumnya sudah disuntik vaksin tahap pertama di sini. Hari ini disuntik tahap kedua,” katanya kepada bakabar.com.

Menurutnya, vaksinasi COVID-19 sangat bermanfaat untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona. Terlebih jika ingin menuju kehidupan tatanan baru.

“Semoga ini benar-benar memutus mata rantai virus Corona,” jelasnya.

Komandan Lanal Banjarmasin, Kolonel Laut (P) Herbiyantoko M.Tr.Hanla mengungkapkan, vaksinasi COVID-19 diperuntukkan untuk masyarakat umum.

Namun lebih diutamakan adalah warga pesisir yang berdomisili di daerah aliran sungai (DAS) Barito.

“Tujuannya menambah kekebalan imunitas di lingkungan masyarakat dan memberikan pemahaman bahwa vaksinasi penting untuk menjaga kesehatan dari serangan virus yang berbahaya ini," tegas Kolonel Laut (P) Herbiyantoko M.Tr.Hanla.

Kendati demikian, kata dia, warga yang sudah menuntaskan vaksinasi dosis kedua tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ketat.

"Semoga dengan digelarnya servak massal COVID-19 ini secepatnya dapat membantu memulihkan kondisi kesehatan dan kelancaran ekonomi akibat pandemi menuju tatanan kehidupan yang baru serta Indonesia sehat," harapnya.

Sementara itu, CEO PT Pelindo III Regional Kalimantan, Fariz Hariyoso sangat mengapresiasi vaksinasi tahap dua yang digelar TNI AL Lanal Banjarmasin.

"Kami apresiasi karena sudah berpartisipasi penuh dalam memberikan semua kemampuan untuk berperan aktif dalam membantu percepatan penanganan wabah COVID-19 kepada warga pesisir di Kalsel," ujar Fariz Hariyoso.

Kegiatan ini, tambah Fariz, tidak berhenti sampai di sini dan akan dilakukan kembali dengan bekerja sama dengan TNI AL Lanal Banjarmasin.

“Dengan tujuan menuntaskan percepatan wabah COVID-19 di Banua,” tandasnya.

Sekedar diketahui, vaksinasi tahap kedua kali ini diikuti 576 peserta yang berada di bantaran sungai Barito.

Terdiri dari Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Pelabuhan, nelayan lokal, Akademi Maritim Nusantara (AMUS) dan mahasiswa.

Komentar
Banner
Banner