pilpres 2024

Usul JK Cawapres Anies dari Jatim, Nasdem Pikir-Pikir

Wakil Presiden ke-12 RI Jusuf Kalla (JK) mengusulkan nama cawapres berasal dari Jawa Timur untuk mendampingi Anies Baswedan maju di Pilp

Featured-Image
Wakil Presiden ke-12 RI Jusuf Kalla (JK) menjagokan Anies di kontestasi Pilpres 2024. apahabar.com/Bambang

bakabar.com, JAKARTA - Jusuf Kalla (JK) mengusulkan agar cawapres pendamping Anies Baswedan berasal dari Jawa Timur. Sebelumnya, wakil presiden ke-12 RI itu menjagokan Anies pada Pilpres 2024 mendatang. 

Lantas, bagaimana respons Nasdem, partai utama pengusung Anies Baswedan? Ketua DPP Partai Nasdem, Willy Aditya merasa pihaknya masih perlu mempertimbangkan usulan JK.

"Ya kami konsultasikan dengan Pak Anies dan juga pimpinan parpol. Karena apa? Karena prinsipnya kami sebangun dengan aspirasi publik aja," kata Willy di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (28/3).

Terlebih, JK, kata Willy, tak hanya mengusulkan satu nama saja, melainkan ada beberapa figur.

Baca Juga: [FOTO] Surya Paloh Gelar Buka Puasa Bersama Anies hingga Jusuf Kalla

"Ya kalau Pak JK menyarankan ya salah satu orang yang kami ajak diskusi juga Pak JK, itu sah-sah saja. Tapi banyak yang lain juga mendapatkan input," jelasnya.

Salah satu nama yang disodorkan JK adalah Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Oleh Nasdem, nama Khofifah akan digodok dulu oleh tim KPP.

"Tentu kan harus kita lihat juga yang dipinang mau atau tidak. Nah inilah tugas tim kecil tim 8 dalam proses mematangkan ini dengan banyak variabel 'lah," ujarnya.

Sebelumnya, Nasdem, Demokrat, dan PKS kompak menandatangani Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP). Perwakilan Anies di tim kecil, Sudirman Said menyatakan ketiga partai tersebut siap mendukung penuh Anies di Pilpres 2024.

“Telah ditandatanganinya piagam Koalisi Perubahan. Intinya adalah dengan piagam itu maka secara formal, kolektif, ketiga partai telah memutuskan secara bulat mengusung Bapak Anies Baswedan sebagai calon presiden 2024,” kata Sudirman, Jumat (24/3) kemarin.

Editor


Komentar
Banner
Banner