Nasional

Usai Viralkan Mata Air, Kreator Konten Wisata Disemprot Warga Lokal

apahabar.com, MALANG – Akibat keliru memahami destinasi wisata, seseorang yang mengaku travel content di TikTok malah…

Featured-Image
Mata air Sumber Umbulan, Kabupaten Malang. Foto-Ist

bakabar.com, MALANG – Akibat keliru memahami destinasi wisata, seseorang yang mengaku travel content di TikTok malah menjadi sasaran kekesalan warga lokal.

Awalnya akun TikTok @ilhamftrynt mengunggah video tentang sebuah tempat yang disebut ‘tempat wisata tersembunyi di Malang’, awal Agustus 2021.

Video itu memperlihatkan mata air berwarna bening, hingga dengan jelas memperlihatkan susunan batu.

Adapun lokasi mata air terletak di kawasan yang disebut Sumber Umbulan di Desa Ngenep, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang.

Dengan cepat video itu mendulang penonton. Selain disukai 365 ribu orang, video tersebut juga dibagikan lebih dari 11 ribu kali.

Namun setelah menjadi viral, belakangan tempat itu berubah total. Sekeliling yang semula asri, berubah menjadi semrawut lantaran banyak didatangi orang.

Kondisi terakhir diperlihatkan akun TikTok @yuandikaryan, akhir pekan lalu. Diketahui pemilik akun tersebut merupakan warga setempat.

Akun @yuandikaryan memastikan bahwa lokasi itu bukan tempat wisata, melainkan sumber mata air masyarakat sekitar.

“Halo mas, gara-gara kamu ini mas. Sampah di mana-mana. Aduh… Lihat mas, sekarang airnya keruh, aduh mas. Yang dulu segar, sekarang aduh..” papar si pemilik akun dalam video tersebut.

Juga diceritakan bahwa sebelum menjadi viral, biasanya anak-anak sepulang sekolah akan bermain di tempat itu. Banyak juga warga yang mengambil air dari mata air itu untuk minum dan memasak.

Sontak video yang diunggah akun @yuandikaryan menjadi perhatian warganet. Mereka menyesalkan ulah akun yang membuat lokasi itu menjadi viral, sekaligus menyalahkan pengunjung.

“Makanya lain kali jangan di publikasi, kek gak tau manusia aja,” komentar warganet dengan akun @juliokh***.

“Di tempat saya ada tempat seperti itu, tapi tidak dibuka untuk umum, hanya boleh warga sekitar. Takutnya ya seperti itu,” timpal apun @otakud***.

“Terkadang suatu tempat harus tetap jadi rahasia agar terjaga,” tandas akun @Lilo***.

Sekitar dua hari seusai diunggah, Selasa (28/9), video tersebut telah ditonton lebih dari 1 juta kali dan dibagikan 602 kali.



Komentar
Banner
Banner