Habar Haji 2023

Usai Miqad di Bir Ali, Jemaah Haji Kalteng Menuju Makkah

Usai Miqad di Bir Ali, Jemaah Haji Kalteng Kini Menuju Makkah

Featured-Image
Penumpang jemaah haji Embarkasi Banjarmasin di Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarbaru. Foto-apahabar.com/Fida

bakabar.com, BANJARMASIN - Sebanyak 327 jemaah haji asal Kalimantan Tengah (Kalteng) sudah tiba di Madinah, Arab Saudi.

Mereka yang merupakan kloter 3 Embarkasi Haji Banjarmasin itu tiba di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz, Madinah, Kamis (1/6), pukul 17.50 Waktu Arab Saudi (WAS).

Ketua Kloter 3 Ardiansyah menjelaskan bahwa seluruh jamaah calon haji kloter 3 diberangkatkan dari Madinah menuju Mekkah hari ini atau Jumat (2/6).

Para jemaah akan bertolak ke tanah suci Makkah, setelah menyelesaikan ibadah arbain atau shalat berjemaah selama 40 puluh kali waktu di Masjid Nabawi, Madinah.

"Dalam perjalanan menuju Mekkah, jemaah haji akan mengambil miqat makani atau tempat dimulainya ibadah haji di Masjid Bir Ali, Madinah," kata Ardiansyah dalam keterangan resminya, Jumat (2/6).

Sementara itu, Pembimbing Ibadah Haji, Misbah, mengatakan, usai kedatangan, jamaah kemudian masuk Hotel Bir Al Iman Madinah pada pukul 18.00 waktu setempat.

Setelah semua jamaah dapat kamar, selanjutnya persiapan melaksanakan ibadah arbain bagi yang mampu.

"Pelaksanaan ibadah arbain sesuai bayan tarkhil yang kami tandatangani dan akan dihitung mulai shalat isya pada 1 Juni 2023 kemarin," katanya.

Pemberangkatan jemaah Kalteng pada Kamis, 1 Juni 2023 pukul 08.00 Waktu Indonesia Bagian Tengah (Wita) dari Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarbaru.

Sebelumnya, jemaah transit di Asrama Haji Banjarbaru untuk menjalani sejumlah pemeriksaan kesehatan dan menerima beberapa persyaratan terbang seperti gelang identitas, paspor, visa, hingga tiket pesawat selama berada di asrama haji.

Berdasarkan data Siskohat, jemaah haji Kalteng pada tahun ini sebanyak 1.612, dengan jumlah jamaah lansia sebanyak 81 orang dan memakai kursi roda sebanyak 41 orang.

Baca Juga: Kasus Penipuan Haji di Kalsel, Korban Diimingi Berangkat Bareng Anak Guru Sekumpul

Editor


Komentar
Banner
Banner