Nasional

Usai Dikibarkan di Istana Negara, Panji Kesultanan Banjar Kini Kembali ke Banua

Setelah sukses mengikuti arak - arakan kirab budaya di Istana Negara pada HUT Kemerdekaan ke-78 RI, Panji Kesultanan Banjar kini telah kembali ke pangkuan.

Featured-Image
Pengembalian bendera Kesultanan Banjar di Yonif 623, Senin (21/8) sore. Foto-apahabar.com/Hendra Lianor

bakabar.com, MARTAPURA - Setelah sukses mengikuti arak - arakan kirab budaya di Istana Negara pada HUT Kemerdekaan ke-78 RI, panji Kesultanan Banjar kini telah kembali ke Banua.

Ya, Kesultanan Banjar termasuk salah satu dari 38 kerajaan se-Indonesia yang dilibatkan tiap perayaan HUT kemerdekaan RI selama tiga tahun terakhir ini.

Setelah dibawa ke Istana Negara, kini bendera itu telah dikembalikan ke rumahnya, yakni Yayasan Sulthan Adam, yang diterima langsung Ketua Yayasan KH Gusti Wardiansyah didampingi Sekjend Gusti Andriansyah.

Penyerahan pengembalian bendera oleh prajurit TNI di Markas Batalyon Infanteri (Yonif) 623 Bhakti Wira Utama, di Jalan PM Noor, Sungai Ulin, Kota Banjarbaru, Senin (21/8/2023) sore.

Gusti Andriansyah mengatakan sudah tiga tahun belakangan ini rutin kesultanan maupun kerajaan se-Indonesia dilibatkan dalam rangkaian HUT kemerdekaan.

"Ini bentuk penghargaan Presiden Jokowi terhadap sejarah kesultanan dan kerajaan di Indonesia," ujar Gusti Andri.

Arak - arakan kirab budaya oleh kesultanan dan kerajaan se-Indonesia pada HUT Kemerdekaan ke-78 RI di Istana Negara.
Arak - arakan kirab budaya oleh kesultanan dan kerajaan se-Indonesia pada HUT Kemerdekaan ke-78 RI di Istana Negara.

"Karena sebelum terbentuk NKRI, nusantara ini dipimpin oleh para kerajaan tiap wilayah masing - masing, yang kemudian tiap raja dulu menyerahkan kewilayahannya untuk NKRI," sambungnya.

Ia mengatakan pihaknya berterima kasih Presiden Jokowi yang telah mengundang Kesultanan Banjar mengikuti kirab di istana negara.

"Kami juga mendukung dan selaras dengan tema HUT ke-78 RI bahwa pembangunan berorientasi pada kemajuan, kesejahteraan rakyat, menghasilkan SDM unggul yang siap berkompetensi di panggung dunia," paparnya.

Baca Juga: Polisi Ungkap Luasan Lahan Terbakar di Trikora Banjarbaru

Baca Juga: Breaking! Karhutla Terjadi di Trikora Banjarbaru, Api Hampiri Pemukiman

Pada kesempatan tadi, Yayasan Sulthan Banjar juga menyerahkan cindera hati atau tali asih dari Putra Mahkota Kesultanan Banjar, H Pangeran Dhia Hidayat, kepada Serka Prada Sony Prananta dan Prada Husaini.

Mereka adalah prajurit Yonif 623 yang mengibarkan bendera Kesultanan Banjar saat kirab budaya HUT RI di Istana Negara pada 17 Agustus lalu.

Editor


Komentar
Banner
Banner