Kalsel

Unik, Ada TPS ‘Rasa’ Kondangan di Banjarbaru

apahabar.com, BANJARBARU – Ada yang unik dalam penyelenggaraan pemilihan wali kota (Pilwali) 2020 di Banjarbaru. Warga…

Featured-Image
TPS dengan dekorasi ala pesta pernikahan adat Jawa.Sumber: apahabar.com/Musnita

bakabar.com, BANJARBARU – Ada yang unik dalam penyelenggaraan pemilihan wali kota (Pilwali) 2020 di Banjarbaru. Warga Jalan RO Ulin Gang Baru RT 06 RW 02 Kelurahan Loktabat Selatan atau dikenal Kampung Pejabat, menyulap Tempat Pemungutan Suara (TPS) dengan dekorasi ala pesta pernikahan adat Jawa.

“Kami mengharapkan antusias untuk datang ke TPS. Sasaran ke semua kalangan, khususnya untuk generasi milenial sebagai pemilih pemula, ” ungkap anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di TPS 06 kepada bakabar.com, Rabu (9/12) pagi.

Tak main-main, mulai dari lokasi pencoblosan yang didekor secara detail dengan nuansa kuning, hingga panitia KPPS yang mengenakan pakaian tradisional adat Jawa. Di pintu masuk TPS, tergantung hiasan Tarub yang terdiri dari pisang, bambu hingga janur.

Panitia bahkan menaruh sejumlah makanan seperti halnya sesajen dalam upacara ritual keagamaan di sudut TPS. Sementara, di luar area disediakan area berswafoto atau photobooth.

Protokol Covid-19 pun nampak dijalankan dengan ketat. Tak hanya bilik suara yang dibuat berjarak, setiap meja panitia KPPS pun dipasang plastik penghalang untuk melindungi paparan virus yang mungkin tersebar. Di luar itu, protokol utama adalah penerapan 3M, pengecekan suhu tubuh dan membatasi jumlah orang di dalam TPS.

“Baru tahun ini kami laksanakan dengan konsep seperti ini. Karena di tengah pandemi, kami mau beda tetapi menerapkan protokol kesehatan. Serta antusias warga tetap besar, ” ujar Agung

Kampung pejabat sudah sejak lama menjadi salah satu kampung percontohan di Banjarbaru. Pejabat yang merupakan akronim dari penjual jamu Loktabat, sering menjadi tujuan wisatawan yang berkunjung ke Banjarbaru.

Melalui inovasi ini, Agung berharap pemilih pemula antusias untuk ikut menyukseskan pilkada. Tercatat, ada 179 orang yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap di TPS 06 tahun ini.

Menariknya, tak hanya mendesain TPS dengan konsep tradisional modern. Untuk memeriahkan pilkada kali ini, TPS 06 juga mengadakan lomba dengan berbagai hadiah menarik.

Persyaratan yang cukup mudah yaitu terdaftar atau mencoblos di TPS 06 dan mematuhi penerapan protokol kesehatan. Peserta wajib melakukan foto di photobooth yang tersedia dengan menunjukkan jari yang telah diberi tinta. Lalu foto tersebut diunggah ke media sosial instagram dengan menyertakan tagar #tps06loksel #kampungpejabat #loktabatselatan. Postingan yang mendapat jumlah likes terbanyak akan berkesempatan membawa pulang hadiah yang disediakan oleh panitia.

“Antusias masyarakat luar biasa dengan banyak yang berfoto dan menanyakan prosedur perlombaannya. Undian setelah pemungutan surat suara selesai. Nanti kami umumkan di grup warga, jadi tetap tanpa kerumunan, ” beber Agung



Komentar
Banner
Banner