Borneo Hits

Tunjang Penanganan Bencana, Dinsos Kalsel Miliki Kapal Sea Rider Senilai 1,7 Miliar

Tagana Dinas Sosial Kalimantan Selatan telah membeli kapal cepat Sea Rider seharga Rp1,7 miliar.

Featured-Image
Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor menyerahkan bantuan kendaraan operasional kebencanaan kepada Tagana melalui Dinas Sosial. Foto: bakabar.com/Hasan

bakabar.com, BANJARBARU - Menunjang penanganan bencana, Dinas Sosial (Dinsos) Kalimantan Selatan telah membeli kapal cepat Sea Rider. Kapal seharga Rp1,7 miliar ini diperuntukkan Taruna Siaga Bencana (Tagana).

Tak hanya itu, Dinsos Kalsel juga membeli sebuah mobil rescue tactical seharga Rp495 juta dan mobil dapur umum lapangan modern senilai Rp1,47 miliar.

"Semua kendaraan tersebut digunakan sebagai penunjang penanganan bencana," ungkap Kabid Penanganan Bencana Dinsos Kalsel, H Achmadi, Sabtu (20/4).

Sea Rider tidak hanya mengantar bantuan logistik kepada korban bencana. Kapal yang biasa digunakan marinir TNI Angkatan Laut ini dpat dipergunakan mengevakuasi korban bencana yang sulit dijangkau transportasi darat.

Sementara mobil dapur umum lapangan modern akan memudahkan anggota Tagana menyediakan makanan untuk korban bencana.

"Oleh karena sudah modern, petugas tak perlu lagi mengaduk nasi secara manual.  Semuanya sudah otomatis dan menggunakan produk-produk digital," papar Achmadi.

Adapun mobil rescue tactical berfungsinya menembus kondisi berlumpur, offroad dan berair.

"Untuk mengoperasionalkan semua armada terbaru, personel Tagana sudah dibekali beragam keahlian. Beberapa di antaranya telah diberangkatkan ke Jakarta untuk mengikuti pelatihan khusus," tutup Achmadi.

Editor


Komentar
Banner
Banner