Tak Berkategori

Triwulan II, Polresta Banjarmasin Ungkap Ratusan Kasus Pencurian

apahabar.com, BANJARMASIN – Hingga triwulan II, Polresta Banjarmasin telah berhasil mengungkap ratusan kasus tindak pidana pencurian…

Featured-Image
Ilustrasi Pencurian. Foto-Istimewa

bakabar.com, BANJARMASIN – Hingga triwulan II, Polresta Banjarmasin telah berhasil mengungkap ratusan kasus tindak pidana pencurian di Kota Seribu Sungai.

Jumlah tersebut terbagi atas berbagai kategori pencurian, dari pencurian biasa, pencurian dan pemberatan, pencurian dan kekerasan, serta pencurian kendaraan bermotor.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kapolresta Banjarmasin, Kombes Pol Sumarto melalui Kasatreskrim Polresta Banjarmasin, AKP Ade Papa Rihi, Kamis (18/7/2019) sore.

Untuk pencurian biasa, kata Ade, dari 54 kejadian pihaknya berhasil mengungkap 34 kasus dengan jumlah persentase 62%. “Dari kasus pencurian biasa, kami menangkap 24 tersangka,” ujar Ade.

Lalu, untuk kasus pencurian dan pemberatan (curat) Polresta Banjarmasin berhasil mengungkap 41 kasus dari 70 kejadian atau 58% pengungkapan dengan mengamankan 41 tersangka.

Kemudian untuk pencurian dengan kekerasan, yang berhasil diungkap sebanyak 4 kasus dari 7 kejadian, yang jika dipersentasikan mencapai 57% dengan 4 tersangka.

Terakhir, kasus pencurian sepeda motor, pihaknya berhasil mengungkap 37 kasus dari 66 kasus yang dipersentasikan mencapai 56% dengan 29 tersangka yang ditangkap.

Dari data pengungkapan tersebut, Ade mengatakan sejauh ini situasi dan kondisi di Kota Banjarmasin relatif aman. Dirinya juga mengungkapkan bahwa pihaknya akan selalu berusaha untuk menciptakan kondisi yang aman dan nyaman di daerah ini.

“Kami akan terus mengantisipasi tindak kriminal dengan langkah refresip dan tindakan preventif,” katanya.

Namun, menurutnya, hal tersebut tidak akan bisa tercipta tanpa adanya dukungan dari masyarakat Kota Banjarmasin sendiri. Lantas dirinya menghimbau masyarakat untuk selalu waspada dan berhati-hati demi keselamatan diri sendiri terlebih dahulu.

“Kami sebagai polisi tidak bisa untuk selalu ada, kami perlu kerjasama yang baik dari masyarakat untuk mengantisipasi tidak kejahatan, masyarakat harus bisa menjadi polisi bagi dirinya sendiri,” harapnya.

Baca Juga: 10.078 Butir Ekstasi dan 1 Kilogram Sabu Gagal Edar di Kalsel, Polisi Ringkus 2…

Baca Juga: Sehari, 10 Budak Sabu Bertekut Lutut di Banjarbaru

Reporter: Riyad Dafhi R
Editor: Aprianoor



Komentar
Banner
Banner