Hot Borneo

Tragedi KM Ladang Pertiwi: Puluhan Penumpang Masih Hilang

apahabar.com, BANJARMASIN – Hingga Minggu malam (29/5), masih banyak penumpang KM Ladang Pertiwi yang belum ditemukan….

Featured-Image
Tujuh korban KM Ladang Pertiwi saat tiba di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin. apahabar.com/Riki

bakabar.com, BANJARMASIN – Hingga Minggu malam (29/5), masih banyak penumpang KM Ladang Pertiwi yang belum ditemukan. Sedang 17 lainnya berhasil dievakuasi.

Mereka yang selamat, sesuai pantauan bakabar.com, tujuh di antaranya telah tiba di Pelabuhan Trisakti, Banjarmasin, Minggu petang.

Berjam-jam lamanya mereka dievakuasi menggunakan Tugboat Sabang 25 dari Kendari menuju Banjarmasin sejak sekitar pukul 03.00, setelah sempat terombang-ambing 16 jam di lautan lepas.

Teranyar, untuk mencari keberadaan sisa 25 korban, Basarnas memperluas areal pencarian dari 10 nauticalmiles (NM) menjadi 15 NM.

“Sejauh ini belum ada ditemukan (25 korban hilang). Kita berdoa dengan banyaknya alut [alat] yang difungsikan, operasi, semoga siang bisa segera kita temukan,” ujar Kepala Basarnas Sulsel Djunaidi, Minggu (29/5), dilansir Detik.com.

Tragedi Km Ladang Pertiwi: 7 Korban Belum Tiba di Banjarmasin

Diketahui KM Ladang Pertiwi mengangkut total 42 orang. Sebanyak 35 orang di antaranya merupakan penumpang. Sedang sisanya awak kapal.

Dari 42 penumpang, baru 17 orang yang dilaporkan telah ditemukan. Mereka dievakuasi secara bertahap sejak Sabtu (28/5).

“Perluasan wilayah pencarian dari tadi. Kemarin kita di 10 NM. Sekarang kita perlebar sampai 12 sebentar itu sampai 15 dari lokasi kejadian lalu sampai sore kita tingkatkan lagi jadi 15 nauticalmile,” terangnya.

Proses pencarian juga kini dibantu oleh sejumlah pihak. Sehingga, Djunaidi berharap bisa segara ada hasil dari pencarian korban hilang hari ini.

“Banyak nelayan yang membantu operasi. Termasuk TNI AL ada empat KRI, Polairud, kapal Basarnas. Kami juga dibantu Potensi SAR yang ada pencarian dan semoga 25 korban bisa ditemukan secepatnya,” ucapnya.

Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman (ASS) telah memberi atensi terkait peristiwa tenggelamnya KM Ladang Pertiwi di Selat Makassar.

ASS meminta Bupati Pangkep Muhammad Yusran Lalogau untuk mengawal para korban yang dievakuasi ke Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

“Kami juga sudah koordinasi dengan bupati untuk recovery mereka. Ada juga masih di Banjarmasin (korban). Kita sudah meminta Bupati untuk bergegas ke sana melihat recovery trauma healing dan kembalikan ke tempat semula,” kata Andi Sudirman kepada wartawan, Minggu (29/5).

Saat ini korban yang dievakuasi ke Banjarmasin berjumlah tujuh orang. Senin, rencananya mereka akan segera dikembalikan ke daerah asalnya.

“Tujuh orang dan terkonfirmasi dan sudah berkoordinasi. Saya juga sudah perintahkan bupati untuk bergerak sejak kemarin dan mereka akan berangkat ke sana dan (korban) kembali ke Sulsel,” jelasnya.

Duh, KM Ladang Pertiwi Ternyata Berlayar Ilegal

AKHIRNYA… 7 Korban KM Ladang Pertiwi Tiba di Banjarmasin

Komentar
Banner
Banner