News

Tokoh Pers Kalsel Taufik Effendie Berpulang, Paman Birin: Sosok Panutan

Paman Birin mengatakan, almarhum Taufik Effendi adalah sosok panutan bagi dunia pers Banua dan teladan bagi dunia usaha.

Featured-Image
HM Taufik Effendie bersama besannya yang juga tokoh pers Kalsel H Gusti Pangeran Rusdi Effendi AR.(foto: kalimantan post)

bakabar.com, BANJARMASIN - Innalillahi wainnailaihi rojiun. Tokoh Eksponen 66 yang juga tokoh pers Kalimantan Selatan H Muhammad Taufik Effendie meninggal dalam usia 83 tahun, Rabu (31/72024) pukul 20.10 WIB, di Rumah Sakit Graha Amerta Dr Soetomo Surabaya, Jawa Timur.

Jenazah pendiri dan Pemimpin Umum Harian Kalimantan Post itu akan dimakamkan di Taman Makam Bahagia, Jalan A Yani Kilometer 24 Landasan Ulin Banjarbaru, Kamis (1/8/2024). Sebelumnya, jenazah akan disalatkan di Masjid Al Jihad Jalan Cempaka Besar Banjarmasin, seusai salat Ashar.

Saat ini jenazah disemayamkan di rumah duka Jalan Perintis Kemerdekaan Banjarmasin, setelah tiba di Bandara Syamsudin Noor sekitar pukul 09.00 Wita. Sejumlah pelayat, termasuk kalangan pejabat, pengusaha dan tokoh masyarakat, tampak melakukan takziyah ke rumah duka almarhum yang semasa hidupnya pernah menjabat ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kalsel.

Taufik Effendie meninggal dunia setelah dirawat cukup lama di rumah sakit. Almarhum meninggalkan satu orang istri, Hj Rukiah, dan empat anak yaitu H Troy Satria, H Ari Taruna dan H Teddy Perkasa, dan Hj Ria Monita.

Taufik Effendi lahir pada 29 September 1940. Semasa kuliah, Taufik aktif di pergerakan mahasiswa dan namanya tercatat sebagai salah satu tokoh Eksponen 66 Kalsel.

Semasa hidupnya, almarhum berkiprah di berbagai bidang usaha, antara lain sebagai ekportir lampit rotan hingga dipercaya menjadi ketua Asosiasi Industri Permebelan dan Kerajinan Indonesia (Asmindo) Kalsel. Taufik juga pernah menjabat sebagai ketua Kadin Kalsel selama dua periode.

Di bidang pers, almarhum mendirikan Harian Kalimantan Post yang pada tahun 80-an dan 90-an bernama Dinamika Berita.

Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor atau Paman Birin turut berduka atas wafatnya H Muhammad Taufik Effendi.

“Innalillahi wa innailaihi rojiun, atas nama Pemerintah Provinsi dan masyarakat Kalimantan Selatan, kami turut berbelasungkawa, semoga almarhum mendapat tempat terbaik di sisiNya dan husnul khotimah,” kata Paman Birin, Kamis (1/8/2024) pagi.

Paman Birin mengatakan, almarhum Taufik Effendi adalah sosok panutan bagi dunia pers Banua dan teladan bagi dunia usaha.

“Semoga almarhum diampuni segala dosa dan diterima seluruh amal ibadahnya, serta kepada keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran, ketabahan dan kekuatan lahir dan batin,” doa Paman Birin.(*)

Editor


Komentar
Banner
Banner