Rumor Putusan MK

Tok! Golkar Mantap Usung Sistem Terbuka Pemilu 2024

Ketua Umum Partai Golongan Karya (Golkar), Airlangga Hartarto menyampaikan hasil rapat kerja nasional (rakernas) tahun 2023.

Featured-Image
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dalam Rakernas di DPP Partai Golkar, Jakarta, Minggu (4/6). apahabar.com/Andrey Micko

bakabar.com, JAKARTA - Ketua umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto menyampaikan hasil rapat kerja nasional (rakernas) tahun 2023. Salah satunya mengenai sistem proporsional pemilu pada 2024 mendatang.

"Untuk pemilihan presiden diberikan mandat kepada ketua umum untuk menetapkan capres dan cawapres dan koalisi bersama partai Golkar," kata Airlangga pada awak media, Minggu (4/6).

Ia berkata hasil rapat kedua sepakat bahwa seluruh daerah dan organisasi masyarakat meminta agar pemilu diadakan secara proposional terbuka.

Baca Juga: Golkar Klaim KIB Belum Bubar Meski PPP-PAN Selangkah Lagi Pamit

Hasil ketiga, terkait bakal calon legislatif yang dibuat secara alfabetis atau menurut abjad akan diubah menjadi berdasarkan nomor urut.

"Nomor urut itu berbasis kepada PDLT yaitu prestasi, dedikasi, loyalitas dan tidak tercela. Itu kriteria yang diminta," tukasnya.

Baca Juga: MK Bakal Gelar Rapat Hakim Putuskan Sistem Pemilu 2024!

Lebih lanjut, Airlangga berkata untuk para pemuda dan caleg wanita agar diberi kesempatan.

"Khusus wanita diperjuangkan kuota 30 persen serta kemudahan-kemudahan saat kampanye nanti," imbuhnya.

Terakhir, ia meminta kepada seluruh DPD dan seluruh ketua umum organisasi masyarakat untuk bertanggung jawab pada pemenangan Golkar di Pileg, Pilpres dan Pilkada.

Editor


Komentar
Banner
Banner