Kalsel

TMMD ke-111 Tapin, Buka Jalan Penghubung 2 Desa

apahabar.com, RANTAU – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-111/2021, Kodim 1010/Tapin telah dibuka. Pada tahap awal,…

Featured-Image
Lokasi pembuatan jalan program TMMD ke-111 Tapin. Foto-apahabar.com/Sandy

bakabar.com, RANTAU – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-111/2021, Kodim 1010/Tapin telah dibuka.

Pada tahap awal, TMMD 111 Tapin dilakukan dengan pembuatan jalan di Kecamatan Salam Babaris, Selasa (15/6). Pekerjaan diperkirakan memakan waktu 30 hari.

Jalan yang dibangun sepanjang 3.149 meter dengan lebar 7 meter itu menghubungkan Desa Suato Lama dengan Salam Babaris dan akan melibatkan 150 orang, termasuk dari jajaran Polri.

“Jadi TMMD yang dilakukan di Desa Suato Lama ini sesuai dengan permintaan masyarakat saat Musrenbang baik tingkat desa, kecamatan sampai kabupaten,” ujar Dandim 1010/Tapin, Letkol Inf Andi Sinrang.

Tidak hanya itu, pihaknya juga akan berfokus membuat drainase atau parit pada nantinya sepanjang 3.000 meter.

“Lalu sasaran tambahannya merenovasi Musala Darul Muthmainah, perbaikan pos kamling dan pembangunan rumah warga dengan ukuran 4×6 meter,” ungkapnya.

Selain itu, ada juga sasaran nonfisik yang dilakukan, yakni menggiatkan tentang bahaya Covid-19 dan pentingnya peranan PPKM mikro di masyarakat.

“Ada juga penyuluhan KB, penyuluhan peternakan, penyuluhan pertanian, penyuluhan tentang bahaya narkoba, penyuluhan wawasan kebangsaan, sosialisasi tentang rekrutmen TNI dan bantuan sosial,” jelasnya.

Sementara, Ketua DPRD Tapin, H Yamani, mengatakan dirinya sangat mendukung program TMMD ke-111 bertema “TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri” ini.

“Alhamdulillah yang ke-111 ini tetap dilaksanakan di daerah ini mungkin sebagai lanjutan yang sebelumnya dilaksanakan di Desa Kambang Habang,” ujarnya.

Lebih lanjut, H Yamani mengatakan pihaknya akan mendorong khususnya Dinas PUPR Tapin untuk melanjutkan pengerjaan infrastruktur jalan penghubung dua desa itu.

“Bagi saya, ini adalah bentuk kepedulian yang konkret kepada masyarakat. Khususnya untuk meningkatkan perekonomian desa. Insyaallah nanti kami dorong sampai ke pengaspalan,” tutupnya.



Komentar
Banner
Banner