LIFESTYLE

Tips Rumah Tetap Aman Selama Liburan

Jika ingin liburan sekeluarga dan mengosongkan rumah, pastikan Anda meninggalkan rumah dengan aman.

Featured-Image
Liburan Akhir Tahun Telah Tiba, Pastikan rumah Anda aman selama ditinggal liburan. Foto-Net

bakabar.com, JAKARTA - Sebulan ke depan sudah masuk musim liburan. Tapi bau-baunya sudah tercium dari sekarang. Jika ingin liburan sekeluarga dan mengosongkan rumah, pastikan Anda meninggalkan rumah dengan aman.

Sebelum meninggalkan rumah berhari-hari, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan untuk memastikan rumah yang Anda tinggalkan akan tetap berada dalam kondisi aman. Jangan sampai liburan Anda terganggu karena rasa tak tenang teringat rumah yang kosong.

Mengutip dari berbagai sumber, berikut beberapa hal yang bisa Anda siapkan untuk memastikan rumah yang Anda tinggalkan dalam kondisi aman dan terjaga:

1. Jangan beri tanda apapun bahwa rumah Anda kosong tak berpenghuni. Anda bisa bekerja sama dengan pihak keamanan atau tetangga di kiri dan kanan rumah untuk menyalakan lampu di malam hari dan mematikannya kembali di siang hari.

2. Jika ada tempat sampah besar di luar rumah, pastikan tempat sampah itu selalu tertutup, sehingga tak ada yang tahu apakah tempat sampah itu ada isinya atau tidak. Tempat sampah yang kosong selama beberapa waktu menandakan penghuni rumah sedang tak ada.

liburan bersama anak
Foto Berangkat liburan bersama anak butuh waktu yang tepat. Foto-net

3. Simpan semua barang berharga di tempat yang tersembunyi dan tak pernah terpikirkan oleh siapapun. Pastikan tempat yang dipilih untuk menyembunyikannya adalah tempat yang tak mudah diketahui siapapun.

4. Sesekali minta tetangga atau kerabat dekat untuk bantu menyiram tanaman dan membersihkan halaman. Halaman yang selalu terlihat bersih dan bekas tanaman yang disiram menunjukkan rumah selalu ada penghuninya.

5. Tahan diri untuk tidak langsung memposting liburan Anda di media sosial. Tunggulah sampai Anda pulang kembali dari liburan. Jangan biarkan orang jahat tahu Anda dan keluarga sedang pergi berlibur dan rumah dalam keadaan kosong selama beberapa hari.

Baca Juga: Menarik, Wisatawan Indonesia Andalkan Gadget untuk Rencanakan Liburan

6. Jika punya hewan peliharaan dan tak mungkin mengajak mereka, bawalah ke penitipan hewan dan pastikan membawa barang-barang dan makanan kesukaan mereka.

7. Kosongkan seluruh tempat sampah di rumah dan bersihkan seluruh rumah, termasuk kamar tidur, kamar mandi, dapur, dan ruang-ruang lain. Setidaknya ketika Anda kembali, rumah dalam keadaan tetap nyaman dan bersih.

8. Cek isi lemari es. Jika ada makanan atau minuman yang sudah dekat kedaluarsa atau mudah busuk, pastikan Anda membuangnya atau segera mengolahnya. Jangan sampai ketika Anda pulang ada makanan busuk atau minuman yang sudah rusak di dalam kulkas.

9. Cek sumber listrik. Pastikan semua sumber listrik yang berpotensi bahaya sudah Anda matikan. Pastikan kabel kipas angin, AC, televisi, dan alat elektronik lainnya sudah tercabut. Cek juga semua sumber untuk mencegah terjadinya korsleting listrik.

10. Sebaiknya sediakan makanan instan dan makanan kaleng, jaga-jaga jika Anda tiba di rumah kembali larut malam, dan kelaparan. Maka Anda bisa menyiapkan masakan dengan cepat.

Nah itu 10 tips yang bisa Anda lakukan sebelum berangkat liburan. Selamat berlibur.

Editor


Komentar
Banner
Banner