Tips Liburan

Tips Liburan Akhir Tahun Bareng Teman yang 'Low Budget'

Akhir tahun menjadi ajang berlibur atau mengunjungi beragam destinasi wisata. Tak jarang pula rencana liburan dijadwalkan keluarga atau teman.

Featured-Image
Ilustrasi liburan dengan 'low budget'. Dok. Kumparan.

bakabar.com, JAKARTA – Akhir tahun, untuk sebagain orang, menjadi ajang berlibur atau mengunjungi beragam destinasi wisata. Tak jarang pula rencana liburan dijadwalkan bersama keluarga atau teman. 

Nah, bagi Anda yang hendak berlibur bersama teman ke luar kota atau negara tujuan, namun hanya memiliki dana terbatas, maka beberapa tips ini pun bisa diterapkan:

Rencana Matang adalah Kunci

Berlibur secara spontan terkadang seru dan memberi pengalaman baru, hanya saja itu berlaku jika Anda yang memiliki budget dan waktu yang lebih. Sebaliknya, jika anggarannya terbatas, maka membuat rencana matang adalah hal utama dan paling penting.

Tak perlu merinci rencana dengan ketat seperti jam demi jam. Tapi, setidaknya Anda punya gagasan seperti anggaran, lama liburan, tujuan penginapan, dan transportasi yang nanti digunakan.

Jangan lupa juga untuk mendiskusikan preferensi masing-masing dengan teman seperjalanan supaya nanti saat traveling, konflik internal tidak terjadi.

Destinasi yang Pas di Kantong

Jika ingin liburan hemat, selain memilih akomodasi yang sesuai anggaran, Anda juga perlu memilih destinasi-destinasi yang affordable bahkan gratis. Jangan memilih tempat wisata yang tiket masuk atau dalam segi hiburannya mahal.

Sebaliknya, dengan mengunjungi fasilitas-fasilitas publik yang murah atau bahkan gratis. Seperti pantai, pegunungan, landmark bangunan, atau taman. Namun, jika memang sudah mengimpikan traveling ke destinasi tertentu, Anda bisa menyiasatinya dengan menekan pengeluaran di aspek lainnya.

Bawa Barang Seperlunya

Tips liburan low budget selanjutnya adalah pastikan Anda dan teman hanya membawa barang-barang yang diperlukan. Ini bertujuan tidak perlu berbelanja ketika bepergian (kecuali membeli souvenir).

Ke mana pun Anda pergi, pastikan untuk membawa baju yang jumlahnya pas, nyaman, dan cocok untuk di semua musim. Khususnya jika traveling ke luar negeri, jangan lupa untuk selalu membawa jaket atau pakaian tebal, alih-alih terjadi cuaca yang tak terduga.

Memesan Tiket Jauh-Jauh Hari

Dengan memesan tiket pesawat dan akomodasi jauh sebelum keberangkatan,  akan mendapatkan harga yang lebih ekonomis. Atau, bisa sering-sering cek promo deals dari agen travel.  

Patungan dengan Teman

Ayiknya berlibur bersama teman adalah bisa menanggung biaya bersama. Dengan berbagi biaya traveling yang mencakup kepentingan bersama bisa menjadi tips liburan murah. 

Beberapa biaya yang bisa dibagi misalnya: tiket masuk, wahana permainan, wisata kuliner, dan aktivitas lainnya. Sedangkan untuk biaya shopping, menjadi tanggungan pribadi.

Itulah deretan tips bermanfaat liburan low budget bersama teman. Semoga informasi ini dapat membantu Anda dalam menyusun strategi liburan hemat bersama teman, ya!

Editor


Komentar
Banner
Banner