Gaya Hidup

Tips 6 Makanan Terbaik untuk Orang yang Punya Penyakit Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah faktor risiko paling rentan untuk terkena penyakit jantung

Featured-Image
Ilustrasi. Foto-Net

bakabar.com, BANJARMASIN - Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah faktor risiko paling rentan untuk terkena penyakit jantung.

Kondisi ini dapat menyebabkan berbagai macam komplikasi kesehatan, yang membahayakan nyawa jika dibiarkan begitu saja.

Pola makan yang sehat sangat penting untuk menurunkan tekanan darah, dan mempertahankan tekanan secara optimal.

Penelitian menunjukkan bahwa memasukkan makanan tertentu ke dalam makanan Anda, terutama yang tinggi nutrisi seperti kalium dan magnesium, dapat mengurangi tingkat tekanan darah pada tubuh.

Berikut adalah 6 makanan terbaik untuk penderita tekanan darah tinggi, yang dilansir dari okezone, Minggu (29/1).

1. Biji labu

Meskipun ukurannya kecil, biji labu adalah sumber nutrisi terkonsentrasi yang penting untuk pengendalian tekanan darah, termasuk magnesium, kalium, dan arginin, asam amino yang dibutuhkan untuk produksi oksida nitrat, yang penting untuk relaksasi pembuluh darah dan penurunan tekanan darah. Minyak biji labu juga telah terbukti sebagai obat alami yang ampuh untuk tekanan darah tinggi.

2. Buah jeruk

Buah jeruk memiliki efek penurun tekanan darah yang kuat. Buah tersebut sarat dengan vitamin, mineral, dan senyawa tumbuhan yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung dengan mengurangi faktor risiko penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi.

3. Berry

Buah berry merupakan sumber antioksidan yang melimpah, termasuk anthocyanin, yang merupakan pigmen yang memberi warna cerah pada buah beri.

Anthocyanin telah terbukti meningkatkan kadar oksida nitrat dalam darah, dan mengurangi produksi molekul pembatas pembuluh darah, yang dapat membantu mengurangi tingkat tekanan darah. Namun, diperlukan lebih banyak penelitian pada manusia untuk memastikan mekanisme potensial tersebut.

Blueberry, raspberry, chokeberry, cloudberry, dan stroberi hanyalah sebagian dari buah beri yang dikaitkan dengan efek penurun tekanan darah.

4. Wortel

Wortel mengandung senyawa fenolik tinggi, seperti asam klorogenat, p-coumaric, dan caffeic, yang membantu mengendurkan pembuluh darah dan mengurangi peradangan, yang dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah.

Meski wortel bisa dinikmati dengan cara dimasak atau dimakan mentah, memakannya mentah mungkin lebih bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

5. Seledri

Seledri merupakan sayuran populer yang memiliki efek positif pada tekanan darah. Seledri mengandung senyawa yang disebut phthalides, yang dapat membantu mengendurkan pembuluh darah dan menurunkan tingkat tekanan darah.

6. Brokoli

Brokoli dikenal dengan banyak efek menguntungkan bagi kesehatan, termasuk kesehatan sistem peredaran darah. Misalnya, menambahkan sayuran ini ke dalam konsumsi harian Anda, merupakan cara cerdas untuk menurunkan tekanan darah.

Brokoli sarat dengan antioksidan flavonoid, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan meningkatkan fungsi pembuluh darah dan meningkatkan kadar oksida nitrat di dalam tubuh Anda.

Editor


Komentar
Banner
Banner