Tak Berkategori

Tinjau Rekapitulasi KPU Kalsel, Pangdam Mulawarman: Tiga Wilayah Saya Aman

apahabar.com, BANJARMASIN – Panglima Kodam VI/Mulawarman, Mayjen TNI Subiyanto memantau langsung pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara…

Featured-Image
Pangdam VI/Mlw Mayjen TNI Subiyanto bersama Kapolda Kalsel Irjen Pol Yazid Fanani saat meninjau pelaksanaan rekapitulasi suara pemilu 2019 di Hotel Rattan Inn, Rabu (8/5). apahabar.com/Baha

bakabar.com, BANJARMASIN – Panglima Kodam VI/Mulawarman, Mayjen TNI Subiyanto memantau langsung pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu 2019 tingkat provinsi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalsel di Hotel Rattan Inn, Rabu (8/5).

Dalam kunjungannya, Subiyanto didampingi Kapolda Kalsel Irjen Pol Yazid Fanani dan Danrem 101/Antasari Kolonel Inf M Syech Ismed.

“Saya datang ke sini untuk mengamankan objek vital Pemilu seperti rapat rekapitulasi perhitungan suara hingga kantor KPU dan Bawaslu,” terang Subiyanto, kepada awak media.

Menurutnya, penetapan hasil perhitungan suara pesta demokrasi lima tahunan ini cukup strategis untuk diamankan. Personel diharuskan tetap waspada dalam mengamankan tahapan pemilu 2019.

Beruntungnya sampai tahapan ini, Kodam yang menaungi tiga wilayah yakni Kalimantan Timur, Kalimantan Utara dan Kalimantan Selatan tak menemukan kericuhan.

“Ketiga wilayah yang sudah semestinya tugas saya, aman tidak ada kendala pemilu, jika tidak puas itu perhitungan suara di tingkat kecamatan dan adanya perhitungan suara ulang di beberapa wilayah,” ungkapnya.

Sesudah dari sini, Pangdam dijadwalkan memantau rapat pleno rekapitulasi KPU Kalimantan Timur pada besok 9 Mei.

Hal serupa juga disampaikan Kapolda Kalsel Irjen Yazid Fanani. Jenderal bintang dua ini menerangkan suasana pemilu di Kalsel masih kondusif dengan adanya sinergitas TNI dan Polri.

“Saya bersyukur Pangdam hadir di tengah kita. Ini sebagai mana bukti sinergitas pengamanan Pemilu dari TNI dan Polri,” bebernya.

Meskipun aman, kapolda tak mau mengambil risiko adanya kegaduhan nanti. Sedikitnya 600 personel TNI dan Polri ditugaskan agar rapat pleno rekapitulasi perhitungan suara KPU Kalsel berlangsung aman dan tentram.

“Kita menyediakan 600 personel, nanti mereka dibagi 3 sif waktu agar selalu dalam posisi mengamankan rekapitulasi KPU,” ucapnya.

Secara umum, rapat pleno rekapitulasi KPU Kalsel ini berlangsung 2 hari yakni 8-9 Mei 2019 di Hotel Rattan Inn Banjarmasin.

Baca Juga: Ratusan Polisi dan Kendaraan Lapis Baja Siaga di Rattan Inn

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Fariz Fadhillah



Komentar
Banner
Banner