Tak Berkategori

Tiga Desa di HSS Dicanangkan Bebas Rentenir

apahabar.com, KANDANGAN – Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Drs H Achmad Fikry MAP mencanangkan tiga desa…

Featured-Image
Bupati HSS Achmad Fikry menyerahkan bantuan modal kepadaJastan dan Endang Asmawati saat pencanangan desa bebas rentenir di Desa Lungau, Kecamantan Kandangan, Jumat (26/04/2019). Foto-Humas HSS

bakabar.com, KANDANGAN – Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Drs H Achmad Fikry MAP mencanangkan tiga desa bebas rentenir di Kecamatan Kandangan.

Tiga desa tersebut diantaranya Desa Bangkau, Desa Gambah Dalam Barat, Desa Lungau.

Pencanangan yang dilakukan H Achmad Fikry juga dirangkai dengan sosialisasi desa bebas rentenir, di halaman Kantor Desa Lungau, Kecamatan Kandangan, Jumat (26/4/2019).

Dalam acara pencanangan bebas rentenir ini dihadiri oleh Pj Sekda HSS Hubriansyah, Camat Kandangan Ronaldy Putra, Kepala OPD, Ketua MUI Kecamatan Kandangan, seluruh kepala desa se-Kecamatan Kandangan, serta Baznas Kabupaten HSS.

Bupati H Achmad Fikry menyambut baik kegiatan ini. Sebab merupakan tindak lanjut dari ikrar anti rentenir yang dilaksanakan oleh para kepala desa dan lurah se-Kecamatan Kandangan pada peringatan hari jadi Kecamatan Kandangan tahun 2018 lalu.

“Sehingga pada hari ini kita canangkan tiga desa yang telah berhasil dirambah program tersebut,” kata Fikry.

Baca Juga: Bupati Tanggapi Penyampaian Rekomendasi DPRD HSS atas LKPJ Tahun Anggaran 2018

Dikatakan Fikry, pencanangan desa bebas rentenir tentunya juga patut mendapat apresiasi dan dukungan semua pihak.

“Karena dengan program bebas rentenir di desa dan kelurahan diharapkan dapat mengurangi beban masyarakat kita. Sehingga dapat meningkatkan taraf hidup mereka,” tambahnya.

Masih menurut Achmad Fikry, sebagai gantinya tentu akan disediakan program yang bisa mensubstitusi keberadaan rentenir.

Perlu kiranya dijalin kerjasama dengan lembaga keuangan, perbankan serta koperasi yang sah berdasarkan undang-undang dan peraturan yang berlaku. Sehingga ketergantungan masyarakat pada rentenir dapat dikurangi dan dialihkan.

Dalam kegiatan pencanangan bebas rentenir juga disampaikan testimoni oleh dua orang ibu. Keduanya bercerita betapa beratnya membayar hutang dari berhutang dengan kredit ke rentenir.

Acara dilanjutkan penyerahan bantuan modal oleh Bupati HSS H Achmad Fikry kepada Ibu Jastan, Ibu Endang Asmawati dari Gambah Dalam Barat.

Baca Juga: Pemkab HSS Gelar Pelatihan Kewirausahaan, Wabup: Semoga Mengurangi Angka Pengangguran

Reporter: Ahc01
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin



Komentar
Banner
Banner