Sport

Tes Pramusim MotoGP 2021, Top Speed Ducati Masih Sulit Ditandingi

apahabar.com, JAKARTA – Memang Yamaha berhasil mencatatkan waktu terbaik dalam tes pramusim MotoGP 2021. Namun soal…

Featured-Image
Pebalap Ducati Pramac, Johann Zarco, sukses membukukan top speed tertinggi dalam tes pramusim MotoGP 2021 di Qatar. Foto-MotoGP

bakabar.com, JAKARTA – Memang Yamaha berhasil mencatatkan waktu terbaik dalam tes pramusim MotoGP 2021. Namun soal top seed, Ducati masih tercepat.

Yamaha menempatkan Fabio Quartararo sebagai pembalap tercepat dalam tes yang berlangsung di Sirkuit Losail, Qatar, Sabtu hingga Minggu (6-7/3).

Pebalap Yamaha Monster Energy itu berhasil mencatatkan waktu 1 menit 53 detik. Pencapaian ini sekaligus menjadi ancaman untuk tim-tim lain.

Salah satu ancaman datang dari Ducati yang masih sulit ditandingi, terutama kalau berbicara dari sisi kecepatan.

Seperti dilansir Motorsport, Selasa (9/3), lima dari tujuh pebalap Ducati berhasil mencatatkan kecepatan rata-rata dan top speed di lima teratas dalam tes di Losail.

Johann Zarco yang memperkuat Ducati Pramac Racing, berada di posisi teratas selama dua hari tes dengan top speed 351,7 kilometer per jam.

Disusul rekan setim Zarco yang juga pebalap debutan, Jorge Martin, dengan kecepatan tertinggi 349,5 kilometer per jam.

Kemudian duet Ducati Lenovo Team, menempati posisi berikutnya. Jack Miller dan Francesco Bagnaia, masing-masing membukukan top speed 348,3 dan 347,2 kilometer per jam.

Pebalap debutan lain, Enea Bastianini yang membela Avintia Esponsorama Ducati, menggenapi lima besar pencetak top speed dengan 345,0 km per jam.

Rekan setim Bastianini, Luca Marini, memang hanya berada di peringkat kesepuluh. Namun top speed adik sambung Valentino Rossi tersebut tetap mampu menembus di atas 340 kilometer per jam.

Kecepatan tertinggi pebalap Ducati ini mungkin terlihat biasa, mengingat reputasi Desmosedici GP sebagai motor dengan power terbesar di MotoGP.

Hal yang menarik perhatian adalah top speed Enea Bastianini dan Luca Marini, karena mereka memakai Ducati Desmosedici GP20 dengan mesin keluaran 2019.

Faktanya top speed mereka mampu melewati pengguna motor-motor pabrikan lansiran 2021 seperti Honda RC213V, Suzuki GSX-RR, Yamaha YZR-M1, KTM RC16, maupun Aprilia RS-GP.

Terbukti Fabio Quartararo yang menjadi pebalap tercepat keseluruhan, hanya mampu mencetak top speed 338,5 kilometer per jam.

Kemudian Aleix Espargaro yang impresif dengan mencatat waktu tercepat di hari pertama dam ketiga tes, tercatat cuma mendapat top speed 339,6 kilometer per jam.



Komentar
Banner
Banner