Banjir Jakarta

Terjunkan Pompa Portable, Banjir di Jakut Berangsur Surut

Banjir di kawasan Jalan Mangga Kelurahan Tugu Utara, Koja, Jakarta Utara menggenang setinggi 30 centimeter sehingga mengganggu lalulintas dan aktivitas warga,

Featured-Image
Pompa portable yang di siagakan atasi genangan di kawasan Koja, Jakarta Utara, Jumat (24/2). (foto: apahabar.com/Ryan Suryadi)

bakabar.com, JAKARTA - Banjir di kawasan Jalan Mangga Kelurahan Tugu Utara, Koja, Jakarta Utara menggenang setinggi 30 centimeter sehingga mengganggu lalulintas dan aktivitas warga, pada Jumat (24/2). 

Banjir kini berangsur surut usai tim gabungan beserta petugas Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) Kota Administrasi Jakarta Utara  terjun dan menyedot genangan air menggunakan pompa portable dan dialirkan ke Kali Layar yang bermuara ke Waduk Sunter Jakarta Utara.

Baca Juga: 1.528 Jiwa Terdampak Banjir Banjarbaru, Cempaka Terparah

"Genangan sudah kita atasi dengan mempercepat aliran air ke Kali Layar yang ujungnya bermuara ke Waduk Sunter," kata Pelaksana Tugas Lurah Tugu Utara, Sukarmin saat dikonfirmasi bakabar.com, Jumat (24/2). 

Kemudian, seiring dengan banjir yang terus disedot, sejumlah petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) langsung membersihkan tali-tali air yang menjadi salah satu penyebab terjadinya genangan banjir.

"Petugas SDA dan PPSU sudah disiagakan di lokasi genangan itu untuk mempercepat aliran air genangan ke Kali Layar. Kini kondisi genangan di lokasi menyurut, " jelasnya.

Baca Juga: Banjir Setinggi 30 Sentimeter Merendam Sebagian Wilayah Jakarta Utara

Dia menuturkan, penyebab lain terjadinya genangan lantaran kontur tanah yang rendah dan masih terdapat bangunan liar yang mengokupasi atas saluran air.

Warga pun sudah mengusulkan peninggian jalan dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tahun 2024 mendatang.

"Jalan itu bagian ujungnya rendah sehingga harus dilakukan peninggian. Warga juga telah mengusulkan batuan pompa yang berkapasitas lebih besar sehingga lebih mempercepat mengatasi genangan tersebut," tambahnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner