News

Terjunkan 325 Personel, Polda Kalsel Sterilisasi Lokasi Debat Cagub dan Cawagub di Rattan Inn

Polda Kalsel sudah menyiapkan personilnya untuk mengamankan kegiatan yang dijadwalkan KPU pada pukul 19.45 Wita.

Featured-Image
KPU Kalsel bakal mengelar debat publik calon Gubernur dan Wakil Gubernur di Hotel Rattan Inn, Rabu (23/11) malam. Foto: Syahbani

bakabar.com, BANJARMASIN - Debat publik calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel bakal digelar di Hotel Rattan Inn, Rabu (23/11) malam.

Polda Kalsel sudah menyiapkan personelnya untuk mengamankan kegiatan yang dijadwalkan KPU pada pukul 19.45 Wita.

Karo Ops Polda Kalsel, Kombes Pol Nurhandono mengatakan, ada sebanyak 325 personil yang telah disiapkan guna mengamankan debat publik di Ballroom Rattan Inn.

“Untuk personrl pengamanan telah kami siapkan. Khususnya di areal lokasi debat,” ujar Nurhandono Rabu siang.

Nurhandono menjelaskan bahwa proses sterilisasi di lokasi juga telah dilakukan guna memastikan keamanan serta kelancaran jalannya debat.

Tak hanya di lokasi debat, pengaturan lalu lintas di Jalan A Yani Kilometer 5, depan Hotel Rattan Inn juga akan diatur guna mengantisipasi terjadinya kemacetan.

“Juga di lalu lintas kalau padat, patroli juga unit preventif di sekitar lokasi juga akan dilakukan,” jelasnya.

KPU Kalsel telah menjadwalkan debat pertama untuk Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur. Adapun tema yang diangkat yakni ‘Pelayanan Inovatif dan Akselerasi Pembangunan untuk Kesejahteraan Masyarakat Kalsel’.

Kemudian dalam tema tersebut dipecah menjadi lima sub bagian yang akan dibahas dan dipaparkan saat adu argumen antara pasangan calon yang membahas tentang inovasi pelayanan, akselerasi pembangunan daerah.

Kemudian perlindungan dan pemenuhan hak kelompok rentan dan gender, problematika sosial di masyarakat, serta ketahanan pangan dan pemerataan pembangunan.

“Para masing-masing pasangan calon akan memaparkan sub tema yang sudah ditentukan tadi. Lalu diberikan tanggapan secara bergantian,” ujar Komisioner KPU Kalsel, Fahmi Failasopa.

Adapun durasi debat akan berlangsung selama 180 menit dan terbagi menjadi enam segmen. Pertama penyampaian visi misi oleh masing-masing paslon. 

Segmen kedua dan ketiga berisi pendalaman visi dan misi yang nantinya akan ditanyakan oleh moderator dari hasil perumusan pertanyaan yang disusun oleh tim perumus.

Untuk segmen keempat, berisi penayangan video. Di penayangan video itu, berisi juga pertanyaan kepada pasangan calon yang disampaikan moderator.

Sementara, untuk segmen lima berisi tanya jawab antar pasangan calon dan yang terakhir berisi closing statement dari pasangan calon. 

“Kedua pasangan akan diberi waktu dan porsi yang sama,” jelas Koordinator Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kalsel ini.

Editor


Komentar
Banner
Banner