Kemiskinan

Terima Hibah USD649 Juta dari AS, Sri Mulyani: Tuntaskan Kemiskinan

Menteri Keuangan RI Sri Mulyani menerima hibah dari Pemerintah Amerika Serikat (AS) senilai 649 juta US Dollar atau Rp9,6 triliun.

Featured-Image
Menteri Keuangan RI Sri Mulyani (Kanan) bersama Menteri Keuangan AS Janet Yellen dalam acara penandatanganan kesepakatan hibah di di kota Washington DC. Foto: dok. Kementerian Keuangan

bakabar.com, JAKARTA – Menteri Keuangan (Menkeu) RI Sri Mulyani menerima hibah dari Pemerintah Amerika Serikat (AS) senilai 649 juta US Dollar atau Rp9,6 triliun.

Hibah itu diserahkan oleh Menteri Keuangan AS Janet Yellen dan diterima Sri Mulyani Indrawati, di Washington DC, Amerika Serikat. Penyaluran dari diberikan melalui program Compact II Millennium Challenge Corporation (MCC).

MCC merupakan sebuah program hibah dari Pemerintah Amerika Serikat ke berbagai negara yang bertujuan mengentaskan kemiskinan dengan memacu pertumbuhan ekonomi berkelanjutan.

Baca Juga: Rapat dengan Menkeu Sedunia, Sri Mulyani Diskusi Soal Perubahan Iklim

“Pemberian komitmen hibah tersebut merupakan yang kedua kalinya bagi Indonesia. Sejak 2013-2018 lalu, Indonesia telah diberikan komitmen hibah program Compact I MCC dengan total mencapai 600 juta US Dollar,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Minggu (16/4).

Program tersebut disalurkan kepada beberapa negara yang diharapkan dapat berdampak pada pemulihan ekonomi global dan juga mengentaskan kemiskinan dunia kepada berbagai negara.

Program Compact II MCC, memiliki tujuan utama yang akan diakselerasi selama periode 5 tahun ke depan, yaitu pengembangan transportasi dan logistik di sejumlah wilayah seperti Riau, Sumatera Selatan, Sulawesi Utara, Kepulauan Riau, dan Bali.

Baca Juga: Pertumbuhan Ekonomi Digital Asia Tenggara, Sri Mulyani: Sangat Pesat

Selain itu program ini juga bertujuan mengembangkan pasar keuangan serta pembiayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Pada kesempatan tersebut, Menkeu mewakili masyarakat dan Pemerintah Indonesia, mengucapkan terima kasih dan apresiasi sebesar-besarnya kepada Pemerintah Amerika Serikat atas kepercayaan yang diberikan.

"Kita semua tentu berharap program ini akan memberikan manfaat yang sangat luas bagi masyarakat Indonesia, terutama dalam mengentaskan kemiskinan," pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner